Pengobatan Kanker Thyroid

DokterSehat.Com – Ada berbagai jenis kanker yang mematikan pada tubuh manusia. Salah satu jenis kanker yang mematikan ialah kanker thyroid, kanker ini bersal dari kelenjar thyroid yang nantinya berubah menjadi sel kanker. Kelenjar thyroid mempunyai fungsi utama yaitu menghasilkan hormon tiroksin yang berfungsi untuk mengatur denyut jantung, laju metabolisme, berat badan, tekanan darah, berat badan, dan suhu tubuh. Di Amerika Serikat, kanker ini jarang terjadi karena telah banyak ditemukan terapi yang dapat menyembuhkan jenis kanker ini. Hingga kini, penyebab terjadinya kanker thyroid belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan penyebabnya terjadi karena adanya mutasi sel pada kelenjar thyroid lalu tumbuh dan berkembang secara cepat. Sel thyroid ini kehilangan kontrol dan memiliki umur panjang dibandingan dengan sel thyroid yang normal. Setelah itu, kumpulan sel yang abnormal tadi membentuk tumor yang dapat menyebar keseluruh tubuh. Tumor ini dapat menjalar di seluruh bagian tubuh.

doktersehat-faringitis-tenggorokan-sakit

Ada berbagai maca faktor penyebab terjadinya kanker thyroid, salah satu penyebabnya ialah paparan radiasi dalam skala tinggi akibat radioterapi pada kanker leher dan kepala. Selain itu juga kecelakaan nuklir dapat mempertinggi resiko terjadinya kanker tersebut.

Apabila anda memliki keluarga dengan riwayat penyakit gondok, anda perlu berhati-hati karena jenis penyakit ini juga dapat memicu terjadinya kanker. Sindrom genetik juga dapat mempertinggi resiko terjadinya kanker pada kelenjar thyroid. Secara umum, kanker thyroid terbagai atas beberapa tipe yaitu papillary thyroid cancer yang paling banyak ditemukan di sejumlah orang.

Tipe kanker ini biasa ditemukan pada wanita atau pria pada kisaran umur 30-50 tahun. Selain itu juga ada follicular thyroid cancer yang biasa ditemukan pada orang dengan usia lebih dari 50 tahun. Tipe lain yang dapat ditemukan ialah medullary thyroid cancer yang terjadi karena kelainan genetik. Thyroid lymphoma merupakan jenis kanker yang biasa terjadi pada sel imun di kelenjar thyroid dan lebih sering terjadi pada orang dengan usia 70 tahun ke atas.

Baca Juga:  Konselor Kesehatan Mental

Gejala klinis dari kanker jenis ini ada berbagai macam yaitu pembengkakan pada leher. Selain itu, perubahan pada suara yaitu berubah menjadi serak juga merupakan indikasi pembentukan kanker. Hal lain yang dapat anda rasakan ialah kesulitan menelan makanan dan merasakan nyeri pada tenggorokan dan leher. Pembengkakan kelenjar limfe pada leher juga merupakan indikasi dari jenis kanker ini.

Pengobatan kanker thyroid
Pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan kanker yang diderita. Adapun pengobatan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Terapi hormon tiroid
  • Radioaktif yodium
  • Eksternal terapi radiasi