Pengobatan Infeksi Jamur Dengan Minyak Kelapa

DokterSehat.Com – Infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans yang berkembang tak terkendali akan mengganggu kesehatan manusia. Jika normalnya ia hidup di usus manusia dan hewan sebagai bagian dari mikrobiome, maka saat sistem kekebalan tubuh manusia lemah, ia akan merebak.



Penelitian terbaru mengungkap bahwa minyak kelapa murni atau VCO sangat efektif mengobati infeksi jamur tersebut. Profesor Kumamoto, Phd, dari Tufts University di Massachusetts yang melakukan penelitian tersebut menyebutkan bahwa walau obat anti jamur sudah banyak diproduksi, namun memakai minyak kelapa murni akan lebih aman dan efektif.

Kumamoto menjelaskan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rapuh, seperti pasien kanker, pasien transplantasi, bayi prematur dan terkadang lansia, Candida albicans bisa keluar dari usus dan masuk ke aliran darah, hingga menyebabkan infeksi yang mematikan. Jamur tersebut memengaruhi ginjal, hati, limpa, paru-paru, otak, dan katup jantung.

Sifat anti jamur yang dimiliki oleh minyak kelapa kuat sekali dalam membasmi infeksi jamur tersebut dari dalam tubuh.
Dilansir oleh laman Medical News Today, adanya perubahan intensitas dan jenis lemak pada minyak kelapa membuat mikrobiota di saluran cerna berubah.

Penelitian yang memakai tikus sebagai percobaan itu menunjukkan hasil yang menggembirakan untuk tikus yang diberi makanan campuran minyak kelapa selama sebulan lebih. Jumlah jamur candida albicans di dalam usus mereka jauh lebih rendah dari pada tikus yang makanannya daging, minyak kedelai, dan makanan standar lainnya.

Hal itu menunjukkan bahwa infeksi jamur mudah diatasi dengan konsumsi minyak kelapa murni.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Masuk Angin