Pengobatan Herbal Hipertrofi Kardiomiopati

DokterSehat.Com – Yang dimaksud dengan hipertrofi kardiomiopati adalah sekumpulan penyakit jantung yang ditandai dengan adaya penebalan pada dinidng ventrikel dalam tubuh, sekitar empat persen penderita meninggal setiap tahunnya. Kematian biasanya terjadi mendadak, kematian lebih jarang terjadi pada penderita gagal jantung yang menahun, justru serangan jantung yang tiba-tiba akan lebih membahayakan hingga berujung pada kematian.



Penyebab

Diketahui bahwa penyakit ini termasuk sebagai kelainan yang dibawa sejak lahir, atau karena melibatkan faktor keturunan, selain penyebab lainya adalah penyempitan katup stenosis, atau keadaan lainnya yang kemudian menyebabkan tahanan aliran darah dari jantung meningkat.

Gejala

Gejala umum yang dirasakan penderita penyakit ini adalah pingsan, nyeri pada bagian dada, denyut jantung yang tidak beraturan, bahkan berujung pada gagal jantung yang disertai sesak nafas berat.

Diagnosa

Sama halnya dengan penyakit lain, diagnosis terhadap penderita penyakit ini juga dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, seperti mendengar suara jantung yang khas pada saat dilakukan pemeriksaan menggunakan stetoskop. Selain itu, proses diagnosis ini dapat diperkuat melalui pemeriksaan EKG, ekokardiogram atau rontgen dada.

Pengobatan

Tujuan utama dari pengobatan penyakit ini adalah untuk mengurangi tahanan jantung. Dan jenis pengobatan yang biasa diberikan adalah beta-blocker untuk menghambat saluran kalsium. Tapi jika penyakit ini sudah termasuk parah maka upaya pengobatan yang harus dilakukan adalah melalui pembedahan untuk mengangkat sebagian otot jantung yang rusak.