Pengobatan Herbal Dan Alternatif Pada Insomnia Akut

DokterSehat.Com – Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

doktersehat-obat-tidur-insomnia

Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat. Saat tidur, tubuh Anda melalui tahapan-tahapan tidur yang berbeda dalam sebuah siklus. Anda mungkin akan melalui lima siklus dalam satu malam.

Tahapan-tahapan tidur di antaranya adalah tahap mengantuk, tahap tidur ringan, tahap tidur nyenyak, dan tahap mimpi. Tahap mimpi ini sering disebut sebagai tahap rapid eye movement (REM) atau tahap tidur ketika mata mengalami pergerakan yang cepat.

Sebagian besar orang pernah mengalami gangguan tidur dalam hidup mereka. Diperkirakan sebanyak 28 juta orang Indonesia mengalami insomnia. Data tersebut diperoleh dari riset internasional yang dilakukan oleh US Census Bureau, International Data Base tahun 2004. Jumlah tersebut bisa terus bertambah seiring dengan perubahan gaya hidup.

Gejala
Sulit untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur berbeda-beda bagi tiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan. Gejala-gejala insomnia yang paling umum di antaranya:

  • Susah tidur.
  • Terbangun di malam hari atau dini hari.
  • Merasa lelah, uring-uringan, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang harinya.

Pengobatan
Pakar kesehatan menemukan sebuah obat menarik yang bisa digunakan oleh para penderita insomnia. Obat menarik ini terbuat dari bahan alami, yakni teh kulit pisang. Memang, meskipun terlihat aneh, pakar kesehatan meyakini jika hal ini mampu mengatasi masalah insomnia.

Baca Juga:  Kenali Gangguan Tidur yang Bisa Terjadi pada Anak Anda

Pakar kesehatan menyebutkan jika pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, khususnya magnesium dan potassium. Tak hanya buahnya, kulit pisang yang kerap sekali disepelekan dan dibuang begitu saja ternyata juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh, khususnya yang berasal dari pisang organik yang terbebas dari pestisida. Kita bisa membuat kulit pisang sebagai bahan teh dan membuat kita mengatasi masalah insomnia.

Pakar kesehatan menyebtukan jika teh kulit pisang jika dikonsumsi akan membuat otot-otot yang semula terasa tegang akibat stress atau tekanan lainnya segera menjadi lebih lemas dan rileks. Jika hal ini terjadi, maka kita pun bisa segera meningkatkan kualitas tidur.