Karbunkel (Bisul Besar) – Pengobatan di Rumah dan Pengobatan Medis

Karbunkel atau bisul besar dapat dilakukan perawatan di rumah maupun secara medis.

doktersehat-cuci-muka-wanita-wajah-karbunkel-bisul-besar

Perawatan di rumah
Aturan utamanya adalah untuk menghindari meremas atau memecah nanah sendiri, yang meningkatkan risiko komplikasi dan jaringan parut yang parah.

Kompres hangat dapat mempercepat pengeluaran nanah (drainase) dan penyembuhan bisul. Rendam karbunkel dalam air hangat, atau lap bersih, hangat, lembab selama 20 menit beberapa kali per hari. Strategi yang sama dengan cara membungkus karbunkel dengan kain kering bersih dan lembut dan menerapkan bantal pemanas atau botol air panas selama 20 menit beberapa kali per hari. Setelah setiap penggunaan, waslap atau kain harus dicuci dalam air panas dan dikeringkan pada suhu tinggi agar kuman yang menempel dapat mati.

Mencuci karbunkel dan meliputi daerah dengan balutan steril juga dapat mempromosikan drainase dan penyembuhan dan membantu mencegah infeksi dari menyebar. Obat yang dapat dibeli bebas seperti parasetamol atau ibuprofen dapat membantu meringankan rasa sakit dari karbunkel yang meradang.

Sangat penting untuk benar-benar mencuci tangan setelah menyentuh karbunkel. Mencuci pakaian apapun, selimut, dan handuk yang telah menyentuh karbunkel dan menghindari berbagi sprei, pakaian, atau barang-barang pribadi lainnya.

Pengobatan medis
Temui dokter Anda jika karbunkel atau bisul tidak membuka (tidak mengalami drainase) dan tidak sembuh setelah beberapa hari perawatan di rumah atau jika Anda mencurigai Anda memiliki karbunkel. Juga, mencari evaluasi medis untuk karbunkel yang berkembang di wajah Anda, di dekat mata atau hidung, atau pada tulang belakang Anda, atau ketika karbunkel menjadi sangat besar atau menyakitkan.

Dokter Anda mungkin memotong dan mengeringkan nanah, dan memastikan bahwa semua nanah telah diambil dengan mencuci daerah dengan larutan steril. Beberapa nanah dapat dikumpulkan dan dikirim ke laboratorium untuk mengidentifikasi bakteri yang menyebabkan infeksi dan memeriksa sensitivitas antibiotik untuk menentukan antibiotik apa yang tepat.

Baca Juga:  Batuk Rejan (Pertusis) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Jika karbunkel sudah benar-benar terkuras, antibiotik biasanya tidak diperlukan. Tetapi pengobatan dengan antibiotik mungkin diperlukan dalam kasus-kasus seperti:

  • Ada keterlibatan kuman MRSA dan drainase tidak komplit
  • Ada infeksi sekitar jaringan lunak (selulitis)
  • Seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Infeksi telah menyebar ke bagian lain dari tubuh
  • Tergantung pada tingkat keparahan, karbunkel biasanya sembuh dalam waktu dua sampai tiga minggu setelah pengobatan.