Sindrom Tourette – Pengobatan dan Perawatan Mandiri

Seringkali tiks ringan dan tidak perlu diobati. Jika tiks menjadi masalah, dokter mungkin meresepkan obat untuk membantu meredakan, namun butuh waktu untuk menemukan dosis yang tepat yang membantu tiks terkontrol tetapi menghindari efek samping, jadi bersabarlah karena Anda dan dokter Anda memang bertugas untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk buah hati.

doktersehat-yoga-meditasi-atasi-stres

Obat dapat mencakup:

  • Haldol (haloperidol), Orap (pimozide), dan Prolixin (fluphenazine), yang bekerja pada kimia otak yang disebut dopamin untuk mengontrol tiks.
  • Catapres (clonidine) dan Tenex (guanfacine), obat tekanan darah tinggi yang juga dapat mengobati tiks
  • Konser dan Ritalin (methylphenidate), serta Adderall XR (dextroamphetamine), yang digunakan untuk mengobati ADHD. Mereka dapat membantu jika Anda memiliki kesulitan berkonsentrasi atau menaruh perhatian.
  • Paxil (paroxetine), Prozac (fluoxetine), Zoloft (sertraline), dan antidepresan lainnya, yang dapat mengurangi kecemasan, kesedihan, dan gejala obsesif-kompulsif.

Seiring dengan obat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan terapi bicara. Seorang psikolog atau konselor dapat membantu Anda belajar bagaimana berurusan dengan isu-isu sosial terkait tiks dan gejala lainnya.

Terapi perilaku juga dapat membantu. Pelatihan perilaku kebiasaan-pembalikan, mengajarkan Anda bagaimana mengenali bahwa tiks akan datang dan kemudian bergerak dengan cara yang berhenti itu.

Perawatan Diri
Seringkali bagian tersulit dari hidup dengan Tourette adalah berurusan dengan malu atau frustrasi karena tiks Anda tidak bisa dikontrol. Sementara Anda mendapatkan bantuan dari dokter Anda, Anda dapat melakukan beberapa hal lain untuk merasa lebih baik:

  • Mendapatkan dukungan. Keluarga, teman, tim kesehatan, atau kelompok pendukung Anda dapat membantu Anda memenuhi tantangan Tourette.
  • Tetap aktif. Bermain olahraga, cat, atau relawan. Kegiatan ini akan mengalihkan pikiran Anda dari gejala Anda
  • Membaca buku, mendengarkan musik, bermeditasi, atau melakukan yoga. Kegiatan rendah Anda menikmati dapat memerangi stres yang dapat menyebabkan tiks.
  • Mendidik diri sendiri. Pelajari semua Anda dapat tentang kondisi Anda sehingga Anda akan tahu apa yang harus dilakukan bila Anda memiliki gejala.
  • Jika anak Anda memiliki Tourette, berbicara dengan sekolahnya tentang hal itu. Anda dapat memberikan staf fakta tentang kondisi dan melihat apa jenis dukungan yang mereka dapat memberinya, seperti les tambahan atau kelas yang lebih kecil.
  • Terapi tingkah laku juga dapat menjadi sulit bagi anak dengan penyakit. Bantu dia berlatih cara untuk menangani menggoda atau komentar dari anak-anak lain.