Kanker Otak – Pengobatan dan Perawatan Mandiri

Pengobatan untuk kanker otak harus dilakukan secara individual untuk setiap pasien. Rencana pengobatan didasarkan pada usia pasien dan status kesehatan umum serta ukuran, lokasi, jenis, dan tingkat tumor. Pada kebanyakan kasus kanker otak, operasi, radiasi, dan kemoterapi adalah jenis pengobatan utama. Seringkali, lebih dari satu jenis pengobatan digunakan. Jenis perawatan selanjutnya dijelaskan di bawah ini.

doktersehat-penyakit-alzheimer-tumor-otak-bakteri-Naegleria-Fowleri-Ginkgo-Biloba

Pasien, keluarga, dan teman akan memiliki banyak pertanyaan tentang tumor, pengobatan, bagaimana pengobatan akan mempengaruhi orang tersebut, dan pandangan jangka panjang pasien (prognosis). Anggota tim perawatan kesehatan orang tersebut adalah sumber informasi terbaik ini. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka.

Perawatan mandiri untuk kanker otak di rumah
Penyedia layanan kesehatan orang dan tim dokter yang bertanggung jawab atas kasus mereka harus mendiskusikan rincian tentang perawatan di rumah dengan pasien dan anggota keluarga.

  • Perawatan di rumah biasanya mencakup tindakan suportif yang diperlukan sesuai dengan gejala pasien. Misalnya, pejalan kaki bisa diberikan untuk pasien yang memiliki kiprah atau masalah keseimbangan kecil.
  • Jika seseorang mengalami perubahan status mental, rencana perawatan harus diarahkan pada kebutuhan individual pasien. Misalnya, pengasuh mungkin ditugaskan untuk mengelola obat harian pasien.

Jika prognosis pasien buruk, tepat untuk mendiskusikan pilihan untuk rawat inap (opnam) dan mendiskusikan pilihan selanjutnya dengan dotkter.

  • Perawatan mandiri di rumah adalah cara untuk mengatasi rasa nyeri dan melegakan gejala, serta dukungan emosional dan spiritual bagi pasien dan keluarga, di rumah dan bukan di rumah sakit. Ini melibatkan pendekatan multidisipliner yang mungkin mencakup dokter atau penyedia perawatan lainnya, perawat, apoteker, pembantu, pekerja sosial, pengasuh spiritual, dan konselor.
  • Petunjuk awal dan surat wasiat adalah dokumen hukum yang menjelaskan secara khusus perawatan mana yang harus diberikan dan harus ditahan. Misalnya, seseorang dengan kanker otak stadium lanjut mungkin tidak mau memakai ventilator (mesin pernapasan) jika ia berhenti bernapas. Pasien memiliki hak untuk membuat keputusan ini untuk diri mereka sendiri selama mereka tetap kompeten secara mental. Mereka mungkin juga ingin menunjuk seseorang untuk membuat keputusan semacam itu agar mereka tidak dapat melakukannya nanti. Dokumen semacam itu disebut surat kuasa yang tahan lama untuk keputusan perawatan kesehatan. Petunjuk harus tersedia untuk petugas layanan kesehatan, terutama bila ada perubahan dalam kondisi orang tersebut terjadi, jika tidak, arahan perawatan seseorang mungkin tidak dilakukan.
  • Pengobatan rumah yang mengklaim pengobatan kanker otak dapat ditemukan di internet. Mereka mulai mengkonsumsi suplemen asam folat sampai mengonsumsi antioksidan dan zat herbal. Data untuk mendukung klaim ini sangat terbatas. Orang-orang didesak untuk mendiskusikan perawatan ini, sebelum mencobanya, dengan dokter mereka.