Jamur Kuku – Pengobatan dan Perawatan

Cara Anda menangani jamur kuku tergantung pada jamur yang Anda miliki dan seberapa buruk infeksi tersebut.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Dokter Anda dapat mencoba pengobatan berikut atau kombinasi:

  • Krim topikal yang dioleskan langsung pada kuku
  • Sebuah pernis kuku topikal
  • Pil resep antijamur
  • Mengambil daerah kuku atau kulit yang rusak

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu untuk mengambil kuku sepenuhnya dengan operasi.

Tips menjaga kuku kaki

Merawat jari kaki Anda
Gunakan sabun dan air untuk mencuci kaki Anda, dan keringkan dengan baik, termasuk di antara jari-jari kaki. Potong kuku kaki Anda – lurus – untuk menjaga lebih pendek dari ujung jari kaki Anda. Pastikan alat yang Anda gunakan adalah alat pemotong kuku yang bersih. Cuci gunting kuku dengan sabun dan air, kemudian bersihkan dengan alkohol. Anda mungkin tergoda untuk menutupi kuku yang berubah warna dengan kutek, tapi jangan lakukan. Justru bagian kulit bawah kuku tidak bisa “bernapas”, yang membuat jamur betah berada di sana.

Jaga kaki agar kering dan bersih
Pilih dengan baik alas kaki Anda. Pilih kaus kaki yang menjaga kelembaban. Ganti kaos kaki secara teratur. Pastikan sepatu Anda cocok. Sepatu atau alas kaki perlu dibuat dari sesuatu yang memungkinkan udara keluar masuk, seperti kanvas, mesh, atau kulit. Pakai sepatu khusus mandi di tempat umum yang basah seperti kamar ganti dan kolam renang.

Ketahui jari kaki Anda
Perhatikan baik-baik kulit di bawah kuku Anda dan kulit di sekitar kuku kaki Anda secara teratur, setidaknya sebulan sekali. (Anda mungkin perlu menggunakan cermin jika sulit untuk melihat jari-jari kaki Anda.) Perhatikan perubahan warna dan tekstur, serta apakah ada suatu luka atau kerusakan. Apakah ada sesuatu yang menyakiti? Jika gejala tidak membaik atau memburuk, segera kunjungi dokter.