Hepatitis B – Pengobatan dan Perawatan di Rumah

Hepatitis B akut biasanya sembuh sendiri dan tidak memerlukan perawatan medis. Jika sangat parah, ada gejala seperti muntah atau diare, orang yang terkena mungkin memerlukan pengobatan untuk mengembalikan cairan dan elektrolit. Tidak ada obat yang dapat mencegah hepatitis B akut dari menjadi kronis.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Jika seseorang memiliki hepatitis B kronis, orang tersebut perlu mengunjungi dokter dan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Apakah solusi perawatan di rumah untuk Hepatitis B?
Tujuan dari perawatan diri adalah untuk meringankan gejala dan mencegah memburuknya penyakit.

  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Kaldu, minuman olahraga, gelatin, dan jus buah lebih disukai karena minuman tersebut juga menyediakan kalori.
  • Tanya dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat, bahkan obat bebas yang dapat dibeli di warung maupun jamu-jamuan. Beberapa obat tergantung pada kerja hati, dan kerusakan hati dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memetabolisme obat ini. Jika Anda berada dalam kondisi meminum obat yang diresepkan, tanyakan pada dokter Anda apakah dosis harus disesuaikan atau jika obat tersebut harus dihentikan sementara.
  • Hindari minum alkohol. Individu dengan HBV kronis harus menghindari alkohol selama sisa hidup mereka.
  • Cobalah untuk makan makanan yang menyediakan nutrisi yang cukup. Santai saja. Mungkin diperlukan beberapa waktu untuk memulihkan tingkat energi Anda agar kembali normal.
  • Hindari olahraga berat berkepanjangan, sampai gejala mulai membaik.
  • Hubungi dokter untuk menanyakan dan berdiskusi jika kondisi Anda memburuk atau gejala baru muncul.
  • Hindari aktivitas yang dapat menyebarkan infeksi ke orang lain (hubungan seksual, jarum suntik, dll).