Panu – Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan panu dapat terdiri dari krim, lotion, atau sampo yang diaplikasikan pada kulit. Hal ini juga dapat mencakup obat-obatan diberikan sebagai pil. Jenis pengobatan akan tergantung pada ukuran, lokasi, dan ketebalan daerah yang terinfeksi.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Pilihan pengobatan termasuk:

  • Anti-antijamur topikal. Produk ini diaplikasikan langsung ke kulit Anda dan mungkin dalam bentuk lotion, sampo, krim, busa, atau sabun. Mereka menjaga pertumbuhan ragi di bawah kontrol. Produk topikal anti-jamur yang mengandung bahan-bahan seperti seng, pyrithione, seleniumsulfide, miconazole, clotrimazole, dan terbinafine tersedia. Tapi kadang-kadang resep obat dapat diperlukan.
  • Pil anti-jamur. Ini dapat digunakan untuk mengobati kasus yang lebih serius atau panu berulang. Atau dalam beberapa kasus mereka dapat digunakan karena mereka dapat memberikan resolusi sederhana dan lebih cepat dari infeksi. Obat-obatan ini diberikan dengan resep dokter dan dapat memiliki efek samping. Jadi penting untuk dipantau oleh dokter Anda saat menggunakan pil anti-jamur.

Pengobatan biasanya menghilangkan infeksi jamur. Namun, perubahan warna kulit bisa memakan waktu hingga beberapa bulan.

Tips untuk mengobati Tinea versicolor
Episode berulang sangat sering karena ragi yang menyebabkan infeksi adalah jamur yang normal yang hidup pada kulit. Obat pembersih dapat digunakan satu atau dua kali sebulan untuk membantu mencegah panu dari datang kembali. Anda mungkin perlu menggunakan pembersih ini jika infeksi terus kembali, terutama jika Anda tinggal di daerah yang hangat dan lembab.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengelola tinea versikolor:

  • Hindari menggunakan produk kulit berminyak.
  • Kurangi ekspos terhadap sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu atau memperburuk sebuah episode, dan membuat ruam lebih terlihat.
  • Jika Anda harus pergi keluar rumah di bawah sinar matahari, pertimbangkan untuk menggunakan sampo anti-jamur setiap hari selama beberapa hari sebelum paparan sinar matahari.
  • Gunakan tabir surya setiap hari. Gunakan tabir surya yang tidak berminyak dengan faktor perlindungan matahari minimum (SPF) 30.
  • Jangan memakai pakaian ketat.
  • Kenakan kain longgar yang dingin seperti katun untuk mengurangi keringat.