Kanker Lambung – Pengobatan dan Pencegahan

Banyak pengobatan dapat melawan kanker lambung. Yang Anda dan dokter Anda pilih akan bergantung pada berapa lama Anda sudah memiliki penyakit atau berapa banyak ia telah menyebar dalam tubuh Anda, yang disebut stadium kanker Anda.

doktersehat-tukak-lambung-Ulkus-Peptikum-kanker

  • Operasi. Dokter Anda mungkin mengambil bagian lambung atau jaringan lain di dekatnya yang memiliki sel kanker. Bedah menghilangkan tumor dan menghentikan kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Jika penyakit Anda berada dalam tahap yang lebih lanjut, dokter Anda mungkin perlu untuk mengambil semua lambung Anda.
    Beberapa tumor dapat mengganggu pergerakan makanan masuk dan keluar dari lambung. Dalam hal ini, Anda mungkin memerlukan operasi untuk dimasukkan ke dalam stent, suatu alat yang membuat jalur terbuka.
  • Kemoterapi. Obat yang merupakan pembunuh sel kanker atau mencegah sel kanker tumbuh. Anda dapat mengkonsumi obat sebagai pil atau melalui infus di klinik. Kemo biasanya memakan waktu beberapa minggu. Obat-obatan dapat menyebabkan efek samping, tetapi dokter dapat membantu Anda menemukan cara untuk merasa lebih baik selama pengobatan.
  • Radiasi. Gelombang energi tinggi atau partikel dapat membunuh sel-sel kanker dan tumor diharapkan menyusut. Dokter Anda dapat menggunakan sinar-X atau mesin lain untuk radiasi sinar di tempat di mana tumor Anda berada.
  • Kemoradiasi. Dokter Anda mungkin menggunakan campuran kemoterapi dan radiasi untuk mengecilkan tumor sebelum operasi.
  • Obat Bertarget. Obat-obatan baru yang berbeda karena mereka melawan hanya sel-sel kanker. Pengobatan lain, seperti kemoterapi dan radiasi, dapat membunuh sel-sel sehat bersama dengan sel-sel kanker. Dengan adanya obat bertarget ini, terapi bertarget memiliki efek samping yang lebih sedikit dari pada perlakuan lainnya.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Kanker Lambung?

  • Mengobati infeksi lambung. Jika Anda memiliki ulkus lambung sebagai akibat dari infeksi H. pylori, cari pengobatan segera. Antibiotik dapat membunuh bakteri, dan obat lain akan menyembuhkan luka pada lapisan lambung Anda untuk memotong risiko kanker.
  • Makan yang sehat. Konsumsi lebih banyak buah-buahan segar dan sayuran setiap hari. Makanan tinggi serat dan beberapa vitamin yang dapat menurunkan risiko kanker. Hindari makanan yang sangat asin, asam, makanan bakar atau asap seperti hot dog, daging asap atau keju asap. Jaga berat badan Anda. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat meningkatkan risiko penyakit.
  • Tidak merokok. Risiko kanker lambung semakin meningkat jika Anda menggunakan tembakau.
  • Hati-hati dengan penggunaan aspirin atau penggunaan NSAID. Jika Anda mengkonsumsi aspirin setiap hari untuk mencegah masalah jantung atau mengkonsumsi obat NSAID untuk artritis, konsultasikan dengan dokter Anda tentang bagaimana obat ini dapat mempengaruhi lambung.