Gangguan Perilaku – Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan untuk gangguan perilaku didasarkan pada banyak faktor, termasuk usia anak, tingkat keparahan gejala, serta kemampuan anak untuk berpartisipasi dan mentolerir terapi spesifik. Pengobatan biasanya terdiri dari kombinasi berikut:

doktersehat-konsultasi-Limfadenopati

  • Psikoterapi: Psikoterapi (sejenis konseling) ditujukan untuk membantu anak belajar mengekspresikan dan mengontrol kemarahan dengan cara yang lebih tepat. Jenis terapi yang disebut terapi perilaku-kognitif bertujuan untuk membentuk kembali pemikiran anak (kognisi) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, manajemen kemarahan, keterampilan moral dan penalaran, dan kontrol impuls. Terapi keluarga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan interaksi keluarga dan komunikasi di antara anggota keluarga. Sebuah teknik terapi pelatihan khusus yang disebut manajemen induk (PMT) mengajarkan orang tua cara untuk secara positif mengubah perilaku anak mereka di rumah.
  • Obat: Meskipun tidak ada obat secara resmi disetujui untuk mengobati gangguan perilaku, berbagai obat dapat digunakan untuk mengobati beberapa gejala, serta setiap penyakit mental lainnya yang mungkin ada, seperti ADHD atau depresi berat.

Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala dari gangguan perilaku, sangat penting untuk mencari bantuan dari dokter yang berkualitas. Seorang anak atau remaja dengan gangguan perilaku berisiko untuk mengembangkan gangguan mental lainnya ketika dewasa jika tidak diobati. Gangguan ini termasuk gangguan antisosial dan kepribadian lainnya, gangguan suasana hati atau gangguan kecemasan, dan gangguan penggunaan zat.

Anak-anak dengan gangguan perilaku juga berisiko untuk masalah yang berhubungan dengan sekolah, seperti gagal menyelesaikan pendidikan atau putus sekolah, penyalahgunaan zat, masalah hukum, mencederai diri atau orang lain karena perilaku kekerasan, penyakit menular seksual, dan bunuh diri. Hasil pengobatan dapat sangat bervariasi, tetapi intervensi dini dapat membantu mengurangi risiko yang berat, gangguan mood, dan pengembangan komorbiditas lain seperti penyalahgunaan zat.

Baca Juga:  Gangguan Perilaku - Pengertian dan Gejala

Dapatkah gangguan perilaku dicegah?
Meskipun tidak mungkin untuk mencegah gangguan perilaku, mengenali dan mengatasi gejala dapat meminimalkan tekanan pada anak dan keluarga, dan mencegah banyak masalah yang terkait dengan kondisi tersebut. Selain itu, memberikan pengasuhan, dukungan, dan lingkungan rumah yang konsisten dengan cinta dan disiplin dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah episode terganggunya perilaku anak.