Penyakit Parkinson – Pengobatan dan Penanganan

Saat ini, tidak ada obat untuk penyakit Parkinson. Tetapi ada beberapa jenis obat yang dapat mengontrol gejala dan membuat penyakit ini lebih mudah untuk menyertai kehidupan sehari-hari.

doktersehat-parkinson-orangtua

Anda mungkin bahkan tidak memerlukan pengobatan jika gejala ringan. Dokter dapat menunggu untuk meresepkan obat sampai gejala mulai mengganggu hidup sehari-hari Anda. Dokter Anda akan menyesuaikan obat-obatan Anda seiring dengan gejala yang bertambah buruk. Anda mungkin perlu untuk mengambil beberapa obat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Levodopa (juga disebut L-dopa) adalah obat terbaik untuk mengendalikan gejala Parkinson. Tapi obat ini dapat menyebabkan masalah jika Anda menggunakannya untuk waktu yang lama atau dosis tinggi. Sehingga dokter kadang-kadang menggunakan obat-obatan lain untuk mengobati orang pada tahap awal penyakit.

Keputusan untuk memulai minum obat, dan obat yang dikonsumsi, akan berbeda untuk setiap orang. Dokter Anda akan dapat membantu Anda membuat pilihan ini.

Dalam beberapa kasus, pengobatan yang disebut stimulasi otak dalam juga dapat digunakan. Untuk pengobatan ini, dokter bedah akan menempatkan kabel di otak Anda. Kabel membawa sinyal listrik kecil untuk menuju ke bagian-bagian otak yang mengontrol gerakan. Sinyal-sinyal kecil dapat membantu bagian-bagian otak agar bekerja lebih baik.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah yang dapat membantu Anda tetap mandiri dan tampak sesehat mungkin meskipun dengan penyakit ini. Makan makanan yang sehat. Istirahat yang cukup. Gunakan energi Anda dengan bijaksana. Dapatkan beberapa latihan setiap hari. Terapi fisik dan terapi okupasi juga dapat membantu.