Kehamilan di Luar Rahim – Pengobatan dan Operasi

Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang tidak normal dan tidak menunjukkan adanya perkembangan bayi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa dan harus diperbaiki. Profesional perawatan kesehatan Anda akan mendiskusikan pengobatan yang terbaik.

doktersehat-operasi-pisau

Bagaimana methotrexate (Rheumatrex, Trexall) mampu untuk mengobati kehamilan ektopik?
Sebelumnya, operasi adalah satu-satunya pilihan untuk pengobatan kehamilan ektopik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, jika kehamilan ektopik terjadi di tuba fallopi (bukan di usus dan organ lain) dan masih dalam ukuran sangat kecil, pasien dapat diberikan perawatan medis dalam bentuk methotrexate (Rheumatrex, Trexall), yaitu  terapi untuk menyebabkan jaringan berhenti tumbuh dan memungkinkan tubuh mengusir jaringan tersebut.

Metotreksat adalah obat kemoterapi yang mengganggu pembelahan dan pertumbuhan sel dan telah berhasil digunakan dalam pengobatan leukemia, limfoma, dan kanker lainnya. Hal ini juga telah digunakan sebagai agen imunosupresif dalam pencegahan penyakit graft versus host pada penerima transplantasi organ dan dalam pengobatan psoriasis berat dan rheumatoid arthritis. Metotreksat diberikan untuk kehamilan ektopik dalam bentuk suntikan intramuskular tunggal atau ganda.

Kebanyakan wanita yang menjalani terapi ini menggambarkan adanya suatu nyeri perut bagian bawah, terutama dalam beberapa hari pertama, dan pendarahan vagina mirip dengan periode menstruasi yang berat akan terjadi. Pasien akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan lab darah setiap 3 hari untuk memastikan bahwa obat tersebut telah efektif.

Bagaimana operasi untuk kehamilan ektopik?
Jika kehamilan ektopik berukuran besar atau di luar tuba Fallopi, atau jika ada tanda-tanda perdarahan hebat di dalam perut, operasi diperlukan. Seringkali dokter dapat menggunakan operasi laparoskopi (sayatan kecil di perut untuk menghilangkan jaringan ektopik), tapi kadang-kadang sayatan yang lebih besar diperlukan. Dalam kasus kehamilan tuba, jika tuba falopii tidak pecah, kadang-kadang dokter mampu untuk mengekstrak jaringan dari tuba. Seringkali, bagaimanapun, kerusakan tuba begitu besar sehingga tuba Fallopi harus diangkat.