Pengobatan Cavernous sinus thrombosis

DokterSehat.Com – Cavernous sinus thrombosis merupakan penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh besar pada dasar otak. Adapun diketahui bahwa penyakit ini disebabkan oleh penyebaran bakteri yang berasal dari infeksi sinus atau dari infeksi pada mata atau sekitar hidung. Sehingga infeksi pada daerah sekitar hidung menuju lingkaran pada mata selalu diperhatikan dengan serius.

8

Penyebab

Seperti yang diketahui dari pengertianya, secara umum penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari infeksi sinus dan infeksi yang terjadi di sekitar mata dan hidung.

Gejala

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala berupa mata yang menonjol, sakit kepala berat, mengantuk atau koma, gamang, demam tinggi, dan perasaan tidak normal atau otot lemah pada daerah tertentu.

Diagnosis

Diagnosis penyakit ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bakteri penyebab penyakit ini, dan itu dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah, cairan, lendir atau nanah dari tenggorokan atau hidung, yang kemudian diperiksa di laboratorium. Selain itu metode diagnosis Computed tomography (CT) juga dapat dilakukan pada sinus, mata, dan otak.

Pengobatan

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan memberikan infus antibiotik dosis tinggi, namun jika penderita belum juga menunjukkan gejala membaik, berarti penyakit yang diderita sudah termasuk akut yang harus segera dilakukan tindakan operasi.