Pengobatan Alternatif Pada Penyakit Dermatomyositis

DokterSehat.Com – Dermatomiositis merupakan penyakit peradangan biasa yang ditandai dengan kelemahan pada otot dan ruam pada kulit yang khas. Dermatomiositis mempengaruhi orang dewasa maupun anak-anak. Pada orang dewasa, dermatomiositis biasanya terjadi dari usia akhir 40-an hingga awal 60-an, pada anak-anak, penyakitnya paling sering muncul pada usia antara 5 hingga 15 tahun.



Dermatomiositis lebih banyak menyerang perempuan daripada laki-laki. Salah satu jenis dermatomiositis adalah polymyositis, penyakit peradangan otot sehingga menyebabkan kelemahan otot yang mengatur gerakan.

Penyebab

Penyebabnya tidak diketahui. Virus atau reaksi autoimun diduga berperan dalam timbulnya penyakit ini. Kanker juga bisa memicu timbulnya penyakit ini, dimana reaksi autoimun terhadap kanker mungkin diarahkan untuk melawan bahan yang terkandung di dalam otot.

Sekitar 15% penderita laki-laki berusia diatas 50 tahun, juga menderita kanker.

Gejala

Gejalanya pada semua umur hampir sama, tetapi biasanya pada anak-anak gejalanya timbul secara lebih mendadak.

Gejalanya bisa dimulai selama atau sesudah suatu infeksi, yaitu berupa :

  • Kelemahan otot (terutama otot lengan atas, panggul dan paha).
  • Nyeri otot dan sendi.
  • Fenomena Raynaud.
  • Kemerahan (ruam kulit).
  • Kesulitan menelan.
  • kelemahan dan penurunan berat badan.

Kelemahan otot bisa dimulai secara perlahan atau secara tiba-tiba, dan bisa memburuk dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Karena yang paling sering terkena adalah otot-otot yang dekat dengan pusat badan, penderita akan mengalami kesulitan dalam mengangkat lengannya melampaui bahu, menaiki tangga dan bangun dari posisi duduk di kursi. Jika menyerang otot leher, penderita akan mengalami kesulitan pada saat mengangkat kepalanya dari bantal. Kelemahan pada bahu atau panggul menyebabkan penderita harus duduk di kursi dorong atau di tempat tidur.

Kerusakan otot pada bagian atas kerongkongan bisa menyebabkan kesulitan menelan dan regurgitasi makanan. Kerusakan otot tidak terjadi pada otot-otot tangan, kaki dan wajah.

Pada 1/3 kasus terjadi pembengkakan dan nyeri sendi, tetapi cenderung ringan. Fenomena Raynaud lebih sering terjadi pada penderita polimiositis yang disertai penyakit jaringan ikat lainnya.

Polimiositis biasanya tidak mengenai organ-organ dalam selain tenggorokan dan kerongkongan. Tetapi paru-paru bisa terkena, menyebabkan sesak nafas dan batuk.Perdarahan pada ulkus di lambung atau usus, bisa menyebabkan tinja berdarah atau tinja kehitaman, yang lebih sering terjadi pada anak-anak.

Baca Juga:  Awas, Masalah Lambung Bisa Berlanjut Menjadi Kanker

Pada dermatomiositis, kemerahan cenderung timbul bersamaan dengan melemahnya otot dan gejala lainnya. Pada wajah bisa timbul bayangan kemerahan (ruam heliotrop). Yang khas adalah pembengkakan ungu-kemerahan di sekeliling mata. Kemerahan lainnya, apakah bersisik, licin atau menonjol, bisa timbul di hampir seluruh bagian tubuh, tetapi yang paling sering muncul di buku-buku jari. Bantalan kuku jari tampak kemerahan. Pada saat kemerahan ini memudar, timbul bercak kecoklatan, jaringan parut, pengkerutan atau bercak pucat di kulit.

Pengobatan herbal dan alternatif

Jelly Gamat Gold-G adalah obat alami multi khasiat yang terbuat dari teripang atau gamat emas dimana teripang emas mempunyai khasiat dan manfaat luar biasa dalam mengatasi masalah pada otot yakni kandungan Glukosaminoglykan (GAGs) selain bagus untuk persendian, jenis kandungan ini juga sangat baik untuk syaraf dan otot, Bersama omega 3, 6, dan 9 mencegah penyumbatan dalam sirkulasi darah. Sifat teripang yang holistik atau bersifat menyeluruh, membuat obat Jelly Gamat ini mampu mengobati berbagai masalah pada persendian, masalah otot, kolesterol, bahkan penyakit berat seperti stroke, jantung, hipertensi,asam urat dan penyakit lainnya.

Jelly Gamat Gold-G merupakan cara paling tepat serta aman untuk mengatasi masalah otot dan berbagai macam masalah pada persendiannyeri otot lainnya seperti nyeri sendi dan radang sendi akibat penyakit asam urat, rematik, encok atau karena cedera pada sendi dan otot akibat olah raga atau pekerjaan berat.

Nyeri otot biasanya terjadi akibatkan oleh aktivitas fisik seperti olahraga atau salah dalam bergerak selain itu nyeri otot disebabkan oleh peradangan pada bagian radang otot dalam tubuh, selain itu nyeri otot juga bisa terjadi pada seseorang yang telah berusia lanjut. Kita bisa saja mengatasinya dengan obat antiperadangan atau obat penghilang rasa sakit untuk meringankannya, akan tetapi ada baiknya jika sebelum menggunakan obat-obatan kimia tersebut yang tentunya mempunyai efek negatif yang bila digunakan secara terus menerus, kita bisa mengobatinya dengan cara alami, salah satunya ialah dengan mengkonsumsi Obat Alami Jelly Gamat Gold-G.