Pengobatan Alternatif Mioma Uteri

DokterSehat.Com– Mioma Uteri (bahasa Inggris: uterine myoma) adalah tumor jinak pada dinding rahim. Mioma juga disebut mioma, myom, tumor otot rahim atau tumor fibroid, karena berasal dari sel jaringan fibro.

doktersehat-kista-kanker-ovarium-Kanker-Amenore-Siklus-Menstruasi-yang-Terhenti-rahim

Asal mulanya penyakit mioma uteri berasal dari otot polos rahim. Beberapa teori menyebutkan pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormon estrogen. Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan jaringan otot kandungan (miometrium) sekitarnya sehingga mioma uteri ini sering kali tumbuh lebih cepat pada kehamilan (membesar pada usia reproduksi) dan biasanya berkurang ukurannya sesudah menopause (mengecil pada pascamenopause).

Sering kali tumor jinak rahim ke arah rongga ini membesar dan bertumbuh keluar dari mulut rahim. Tumor yang ada dalam rahim dapat tumbuh lebih dari satu, teraba seperti kenyal, bentuknya bulat dan berbenjol-benjol sesuai ukuran tumor. Beratnya bervariasi, mulai dari beberapa gram saja, namun bisa juga mencapai 5 kilogram atau lebih.

Berdasarkan lokasinya mioma uteri dibagi dalam tiga jenis:

  • Pertumbuhan ke arah permukaan dinding rahim
  • Pertumbuhan ke arah rongga rahim
  • Pertumbuhan tetap di dalam dinding rahim

Gejala dan tanda:

  • Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.
  • Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
  • Penekanan pada organ di sekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya, menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena pembengkakan tangkai tumor.
  • Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
  • Pendarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun di luar masa haid.
Baca Juga:  Cara Merangsang Tiap Jenis Payudara

Berikut khasiat akan kulit manggis serta daun sirsak:
Khasiat kulit manggis banyak mengandung berbagai macam zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah kandungan zat xanthone. Zat xanthone merupakan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, kandungan antioksidan dalam zat xanthone bahkan melebihi kandungan antioksidan yang terkandung dalam vitamin C. Zat xanthone ini mampu menangkal sekaligus menghancurkan zat radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan, karena radikal bebas ini bisa menyebabkan berbagai penyakit tumbuh dalam tubuh kita. Salah satu penyakit yang di sebabkan oleh radikal bebas adalah kanker dintaranya kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker otak, tumor ganas maupun tumor jinak. Maka dari itu radikal bebas sangat perlu untuk di hilangkan.

Khasiat daun sirsak mengandung zat acetogenin, zat ini adalah zat anti kanker yang mampu menghancurkan sel kanker dan tumor secara tuntas, dan daya kerja dari zat acetogenin ini bahkan 10.000 kali lebih kuat di bandingkan dengan kemotrapi. Lebih hebatnya lagi kandungan zat acetogenin bersifat selektif dalam menjalankan tugasnya, hanya sel-sel yang jahat dan berbahaya bagi kesehatan saja yang di serang oleh zat acetogenin ini. Jerry McLaughlin seorang peneliti dari Purdue University juga menyatakan bahwa zat accetogeninns dalam daun sirsak sangat efektif untuk menghentikan sekaligus menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan tumor  diantaranya mioma uteri (tumor jinak dinding rahim).