Pengobatan Alternatif Keputihan

DokterSehat.Com – Keputihan adalah cairan berwarna putih agak kental yang keluar dari liang vagina dan biasanya berbau tidak sedap serta disertai rasa gatal. Namun sebenarnya keputihan itu ada dua jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.



Keputihan fisiologis biasanya terjadi saat masa subur dan menstruasi. Ciri-cirinya, cairan yang keluar encer, berwarna krem atau bening, serta tidak berbau dan jumlahnya pun sedikit. Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang normal pada setiap wanita.

Sementara keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal. Cirinya cairan bersifat kental, bewarna putih seperti susu, terkadang bewarna mirip keju bahkan bewarna hijau, berbau yang tak sedap, menimbulkan rasa gatal, menyisakan bercak-bercak pada celana dalam, dan cairan yang dikeluarkan sangat banyak.

Berikut pengobatan alternatif keputihan:

• Daun sirih
Daun sirih memiliki khasiat yang cukup banyak untuk mengobati penyakit dan menambah kecantikan wanita. Salah satu khasiat daun sirih untuk wanita adalah bisa membantu mengatasi gangguan akibat jamur yang menyebabkan keputihan pada area V. Mengapa daun sirih bisa mengobati keputihan? Hal ini tidak lain karena daun sirih memiliki kandungan antibakteri, antiseptik dan zat eugenol serta mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap, baik itu masalah bau badan atau bau tidak sedap akibat keputihan.

Rebus beberapa lembar daun sirih, diamkan beberapa jam hingga air rebusan tersebut dingin, gunakanlah air rebusan tersebut untuk mencuci area V. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga aroma yang tidak sedap bisa hilang dan Anda pun terbebas dari gangguan keputihan.

• Akar mawar
Tanaman mawar cenderung lebih banyak diambil ekstrak air mawarnya untuk membuat parfum atau sebagai pelengkap racikan masker wajah. Namun ternyata akar mawar pun memiliki khasiat yang cukup menakjubkan, yakni bisa mengatasi keputihan. Ambil akar mawar yang masih dalam kondisi bagus, lantas cuci hingga benar-benar bersih. Rebus akar mawar yang sudah dibersihkan tersebut dan minumlah air rebusan akar mawar sebanyak satu kali setiap harinya untuk membantu mengatasi keputihan.

Baca Juga:  Melahirkan Saat Remaja Rentan Osteoporosis

BACA JUGA : Para Ahli Mengatakan Bahaya Konsumsi Gula