Alpokat – Pengobatan Alternatif

DokterSehat.Com – Pohon buah ini berasal dari amerika tengah, tumbuh liar di hutan-hutan, dan banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air.
Pohonnya kecil, berakar tunggang,batang berkayu , bulat, warnanya cokelat kotor, banyak bercabang, ranting berambut halus.

Daunnya tunggal, letaknya berdesakan di ujung ranting, bentuknya jorong sampai bundar telur memanjang, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing.
Tepi rata kadang-kadang agak menggulung ke atas, bertulang menyirip, daun muda warnanya kemerahan dan berambut rapat, daun tua warnanya hikjau dan gundul.
Bunganya majemuk, buahnya buah buni, bentuk bola atau bulat telur, warnanya hijau atau hijau kekuningan,daging buah jika sudah masak lunak, warnanya hijau, kekuningan.
Biji bulat seperti bola, keping biji putih kemerahan. Buah alppokot yang masak dagingya lunak, berlemak, biasanya dimakan sebagai es campur atau dibuat jus. Minyaknya digunakan antara lain untuk keperluan kosmetik.



Sinonim : P. Americana, Mill
Familia : Lauraceae

Nama daerah
Apuket , alpuket, jambu wolanda ( sunda ), alpokat , avokat, alpokat ( jawa ) , apokat, alpokat, advokat ( Sumatra )

Kegunaan
Daging Buah:
1. Sariawan
2. Melembabkan kulit kering

Daun :
1. kencing batu
2. darah tinggi, sakit kepala
3. nyeri syaraf
4. nyeri lambung
5. saluran napas membengkak (bronchial swelling)
6. menstruasai tidak lancar.

Biji :
1. Sakit gigi
2. Kencing manis

Cara pemakaian
Untuk di minum : 3-6 lembar daun. Pemakaian luar: daging buah secukupnya dilumatkan, dipakai untuk masker. Daun untuk pemakaian setempat, biji digiling halus menjadi serbuk untuk menghilangkan sakit.

Sariawan
Sebuah isi alpokat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni , diaduk merata lalu dimakan . lakukan setiap hari sampai sembuh.

Baca Juga:  Kolesistitis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kencing batu
Ambil 4 lembar daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang , 1 buah pala. 3 jari gula enau , di cuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih  sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3kali ¾ gelas.

Darah tinggi
Siapkan 3 lembar daun alpokat di cuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.

Kulit muka kering
Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah masker alpokat tersebut memgering.

Sakit gigi berlubang
Lubang pada gigi masukan bubuk biji alpokat.

Bengkak karena peradangan
Bubuk dari biji  secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubuk , balurkan kebagian tubuh yang sakit.

Kencing  manis
Biji  dipanggang  di atas api lalu dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi kecoklatan. Sering , kemudian diminum setelah dingin.

Teh dan alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala , nyeri lambung , bengkak pada saluran  pernapasan, rasa nyeri syaraf ( neuralgia ) dan datang haid tidak teratur.

Komposisi
Sifat kimiawi dan efek farmakologis: daun terasa pahit, kelat, peluruh kencing. Niji anti radang, menghilangkan sakit. Kandungan kimia: buah dan daun mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida. Buah juga mengandung tannin dan daun  mengandung polifenol, quersetin, gula alcohol persiit.

Sumber : Tanaman Obat Nusantara ( Herlina Widyaningrum & Tim Solusi Alternatif )