Pengobatan Alternatif Dan Herbal Penyakit Amandel

DokterSehat.Com – Penyakit amandel terjadi karena adanya peradangan pada bagian amandel yang di sebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk melalui mulut. Penyakit ini akan memberikan dampak negative pada anggota THT dan juga berdampak buruk bagi kesehatan penderitanya karena kuman atau virus yang masuk melalui mulut tidak di bunuh oleh amandel di karenakan amandel mengalami gangguan fungsi atau terjadinya pembengkakan yang menyebabkan sesorang kesulitan bernafas, makan dan minum juga terganggu.



Untuk itu amandel janganlah dibiarkan begitu saja, karena semakin lama akan terjadinya pembengkakan sampai apabila sudah parah maka mau ataupun tidak mau harus segera dilakukan tindakan operasi dengan segera.

Gejala

• Tenggorokan Sakit

• Sulit menelan makanan

• Pembengkakan kelenjar di sekitar rongga mulut

• Sering demam

• Serak atau suara kecil atau susah berbicara

Terkadang gejala amandel tidak semua sama, hal itu terjadi karena pertumbuhan ukuran pembengkakan amandel yang berbeda, untuk itu bagaimana pun jenis amandel itu segera lakukan pengobatan tradisional amandel dengan obat herbal.
Berbagai obat amandel tradisional untuk meredakan peradangan.

• Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga sangat cocok dan bagus untuk kesehatan. Untuk mengobati amandel, pertama silahkan Anda sediakan 2 buah jeruk nipis dan ½ sendok teh kapur sirih. Cara pembuatannya sangat mudah, ambil dua jeruk nipis yang sudah Anda persiapkan tadi lalu peras airnya, tambahkan kapur sirih, kemudian aduk dengan rata. Minum ramuan tradisional tersebut beberapa kali dalam sehari secara teratur, terutama malam sebelum tidur. Jangan berhenti konsumsi ramuan tradisional ini sebelum amandel bengkak Anda sembuh.

• Mengkudu dan madu
Selain jeruk nipis, ternyata berbagai kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang ada pada mengkudu dan madu ini membuatnya cocok sebagai obat amandel tradisional. Mengkudu memang rasanya tidak enak, namun mungkin rasanya akan sedikit teratasi jika dicampur dengan madu. Ambil dua buah mengkudu, cuci, lalu parut atau peras dan saring ampasnya, dan terakhir tambahkan dengan air panas. Tunggu hingga menjadi hangat, lalu tambahkan madu secukupnya, aduk hingga merata lalu konsumsilah secara rutin 3 kali sehari. Jika diminum secara teratur, cukup efektif meredakan penyakit amandel bengkak Anda.

Baca Juga:  Batuk Parau dan Menggonggong pada Anak

• Kulit manggis
Obat amandel tradisional selanjutnya adalah kulit manggis. Kulit manggis memang memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat amandel bengkak. Nah, cara pembuatannya juga mudah. Pertama Anda sediakan kulit manggis kurang lebih 15 gram dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu sampai tersisa satu botol air. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai peradangannya sembuh.