Pengobatan Alternatif Biduran

DokterSehat.Com – Biduran yang dalam istilah medis disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur ini awalnya muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda.



Ruam pada kasus urtikaria atau biduranakan terasa gatal, tapi bisa juga terasa perih atau menyengat. Gejala urtikaria bisa bertahan berjam-jam hingga beberapa hari. Urtikaria yang terjadi selama kurang dari enam minggu disebut sebagai urtikaria akut atau jangka pendek. Tapiada juga kasus urtikaria yang bertahan lebih dari enam minggu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Kondisi yang jarang terjadi ini dikenal dengan istilah urtikaria kronis atau jangka panjang.

Urtikaria kronis bisa diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya karena penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus.

Biduran atau urtikaria lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.

Penyebab

Munculnya bilur pada kulit ini dipicu oleh tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar sehingga aliran darah pun meningkat. Dengan banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit pun terlihat memerah. Kelebihan cairan ini jugalah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan rasa gatal-gatal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya biduran :

• Terjadi kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, misalnya lateks dan bulu binatang.

• Makanan penyebab biduran yang paling umum adalah kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu.

• Hampir semua obat-obatan bisa menyebabkan urtikaria, misalnya antibiotik, aspirin, obat anti-hipertensi dan ibuprone.

• Zat aditif atau bahan tambahan dalam makanan seperti pemanis, pengawet, penguat rasa, pewarna, pengental, dan lain-lain.

• Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar.

• Gigitan serangga

• Faktor lingkungan seperti pajanan terhadap kondisi atau cuaca panas maupun dingin, pajanan terhadap air tertentu, atau bahkan sinar matahari.

• Stres.
Kadang-kadang kondisi urtikaria kronis tidak diketahui penyebab pastinya. Tapi beberapa faktor bisa memicu munculnya biduran atau memperburuk gejala yang ada, misalnya minum minuman beralkohol atau minuman berkafein, merasa stres, dan suhu udara yang panas.

Baca Juga:  Terkena Masuk Angin? Atasi Dengan Minuman Herbal Berikut

Pengobatan

1. Buah Asam dan Temulawak
Siapkan buah asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin, kemudian saring. Minum ramuan ini untuk mengobati biduran anda. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa lezat.

2. Bawang Merah dan Daun Kelor
Siapkan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, dan 2 gram pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah disaring, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

3. Kunyit dan Sambiloto
Siapkan bahan-bahan berupa 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk hingga halus semua bahan tadi setelah anda mencucinya. Rebus ke dalam 600 cc air hingga tersisa sepertiga bagian. Setelah disaring dan dingin, anda bisa minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Akar Rosa Multifona Thumb
Rebus akar tumbuhan tersebut ke dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi dan sore hari.

5. Minyak Kayu Putih dan Zaitun
Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol Kristal masing-masing sebanyak 1 sdm. Aduk semua bahan hingga merata. Gosokkan pada kulit anda untuk mengobati biduran.

6. Jahe dan Cuka Beras Hitam
Siapkan bahan berupa 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gram jahe, dan gula merah. Tumbuk dulu jahe hingga halus, kemudian rebus bersama lainnya ke dalam air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Pencegahan

Hindari faktor penyebab alergi ,termasuk beberapa makanan dan penyedap mekanan, obat-obatan dan beberapa situasi panas atau dingin. Penanganan pertama apabila penyakit biduran itu kambuh jangan digaruk, kompres hangat untuk menghilangkan gatal. Bila anda ingin mengatasi penyakit biduran sampai tuntas tanpa khawatir kambuh lagi, kami mempunyai rekomendasi obat biduran herbal yang telah terbukti dan teruji secara klinis dapat mengobati biduran dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA : Hati-hati Terhadap Air Yang Anda Konsumsi