Pengobatan Alami di Rumah (Home Remedy) Saat Suara Hilang Karena Sakit Tenggorokan

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami flu atau sakit tenggorokan yang sangat parah hingga suara anda menghilang? Meskipun suara anda bisa berangsur-angsur kembali, hal ini tentu akan membuat kondisi tubuh anda sangat tidak nyaman bukan? Anda akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan jika berusaha untuk berbicara, tenggorokan bisa terasa sangat sakit. Dalam beberapa kasus, hilangnya suara juga ditandai dengan rasa sakit untuk menelan makanan. Apa sajakah yang menyebabkan hilangnya suara karena sakit tenggorokan?

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Penyebab Hilangnya Suara
Suara yang hilang sering kali disebabkan karena gejala laringitis. Biasanya, sakit tenggorokan akan membuat perubahan suara menjadi lebih serak. Kotak suara yang terdiri dari pita suara akan mengalami peradangan yang membuat pita suara ini tidak lagi bergetar dan memproduksi suara. Disamping karena masalah radang pada tenggorokan, suara yang hilang ini juga bisa terjadi karena infeksi bakteri atau bahkan karena infeksi asap dalam waktu yang lama. Meskipun memiliki persentase yang sangat rendah, hilangnya suara juga bisa disebabkan karena terbentuknya tumor di area paru-paru atau saluran pernafasan.

Perawatan dan Pengobatan
Jika anda mengalami radang tenggorokan yang menyebabkan hilangnya suara, anda bisa mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, setidaknya delapan hingga 10 gelas per hari. Usahakan jangan air yang dingin karena justru bisa membuat radang ini menjadi lebih parah. Air putih dalam suhu yang normal bisa membuat tenggorokan dan selaput lendir menjadi lebih lembab dan peradangan pun berkurang. Jika perlu, jangan terlalu banyak berbicara agar tenggorokan beristirahat dan tidak bekerja terlalu keras dalam kondisi radang.

Penanganan Alami di Rumah (Home Remedy)
Kita juga bisa mengkonsumsi teh jahe yang diyakini mampu membuat radang tenggorokan mereda. Selain itu, campuran air hangat dan madu juga bisa mengembalikan suara seperti semula. Jika diperlukan, anda bisa menghirup uap panas dari semangkuk air panas sekitar 10 hingga 15 menit. Selain itu, anda juga bisa berkumur dengan airhangat yang dicampur dengan satu sendok makan garam. Larutan ini diyakini membantu meredakan radang tenggorokan dengan signifikan.