Pengobatan Akupuntur Untuk Penderita Ginjal

DokterSehat.Com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia yakni untuk mengeluarkan atau mengekskresikan zat-zat sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urin. Terjadinya gangguan kesehatan yang menyerang organ ginjal, akan menyebabkan sisa metabolisme yang bersifat racun ini tidak bisa dibuang atau dikeluarkan oleh tubuh, sehingga penderitanya harus melakukan dialisis atau cuci darah untuk mengeluarkan atau membuangnya agar tidak meracuni organ tubuh yang lain.



Selain proses dialisis, alternatif pengobatan yang bisa dilakukan adalah tindakan transplantasi ginjal yang pastinya sangat mahal dan sulit menemukan donor yang tepat. Namun demikian, sebenarnya masih terdapat cara tradisional yang relatif lebih murah dalam pengobatan gagal ginjal, yaitu melalui terapi akupuntur dengan teknik accupuncture maupun accepresure pada titik meridian tertentu.

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam titik meridian dalam pengobatan akupuntur untuk penderita ginjal :

  • Anak ginjal kiri
    Menurut salah seorang praktisi akupuntur bahwa meridian anak ginjal kiri terdapat pada sepanjang ruas jari kelingking telapak kaki kiri, pertengahan telapak kaki kiri searah dengan jari tengah dan sisi luar telapak kaki kiri bagian dalam searah dengan ruas ibu jari. Sedangkan pada telapak tangan, meridian anak ginjal kiri terdapat pada sepanjang tepi luar jari kelingking.
  • Anak ginjal kanan
    Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa meridian anak ginjal kanan memiliki area yang sama dengan meridian anak ginjal kiri, hanya saja terdapat pada telapak kaki dan telapak tangan kanan.
  • Kandung empedu
    Gangguan kesehatan yang menyerang organ ginjal juga dapat dipicu oleh gangguan pada kandung empedu yang menyebabkan terjadinya batu empedu atau galbladder stone. Meridian kandung empedu terdapat pada ujung tepi jari telunjuk telapak tangan kiri dan kanan serta tepi luar telapak kaki kiri dan kanan searah dengan tulang kelingking.
Baca Juga:  Tidak Haid Setelah Melahirkan

Demikianlah beberapa jenis dan macam titik meridian dalam pengobatan akupuntur untuk penderita ginjal yang bisa dilakukan sendiri dengan teknik accupresure atau pemijatan.