Penglihatan Rabun, Tanda Awal Glaukoma

Doktersehat.com – Glaukoma merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ mata. Jika sudah pada tingkat yang parah, glaukoma bisa menyebabkan kebutaan. Sebagai upaya pencegahab sejak dini sebaiknya kenali gejala glaukoma.



Menurut Dr. Nila Moeloek, glaukoma dapat ditandai dengan munculnya gejala seperti penglihatan buram, sakit pada mata, pusing, dan bengkak.

Dalam glaukoma ada beberapa tingkat keparahan. Primer glaukoma sudut terbuka yakni bentuk paling umum dari penyakit ini. Pada tingkatan ini terjadi sumbatan secara bertahap di saluran drainase selama jangka waktu panjang.

Tingkat berikutnya, sudut tertutup galukoma atau glaukoma akut yang terjadi saat iris didorong terhadap saluran drainase, menghalangi, dan mengakibatkan peningkatan mendadak tekanan pada mata.

Pencegahan glaukoma bisa dilakukan secepat mungkin bila sudah diketahui gejalanya lebih awal. Bila mata sering sakit, bengkak, dan penglihatan buram walaupun sudah memakai kacamata. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan tekanan pada mata bila Anda mengalami gejala tersebut. Karena bisa saja gejala tersebut menandakan munculnya glaukoma.

Jika Anda terlambat menyadarinya, bisa saja glaukoma dengan cepat menyerang mata. Pengobatan penyakit glaukoma akan dilakukan secara perlahan. Bila masih ringan maka akan dilakukan dengan terapi obat. Tapi, bila tidak berhasil dan kondisi mata sudah tidak memungkinkan maka dapat dilakukan tindakan operasi atau laser.

Sumber: okezone.com