Penggunaan Sandal Jepit Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan

DokterSehat.Com – Di Indonesia, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan sandal jepit untuk sebagai alas kaki saat berjalan atau bepergian ke berbagai tempat. Dengan menggunakan sandal jepit, kita bisa berjalan kaki dengan nyaman dan tidak perlu kerepotan andai harus berjalan di tempat yang basah atau yang meminta kita melepas alas kaki. Sayangnya, dibalik kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh sandal jepit, ada bahaya bagi kesehatan yang tersembunyi jika sandal jepit digunakan setiap hari.

doktersehat-penderita-diabetes-pakai-sandal-jepit-kaki

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan menggunakan sandal jepit setiap hari, maka kaki akan bergerak dengan lebih bebas. Meskipun terlihat nyaman, hal ini ternyata bisa membuat kaki dan pergelangan kaki lebih mudah terasa sakit. Bagian tumit juga cenderung lebih mudah terkena masalah layaknya tendinitis. Tak hanya itu, karena tidak bisa memberikan stabilitas, kaki kita juga cenderung lebih mudah terluka atau tersandung jika memakai sandal jepit.

Dengan menggunakan sandal jepit setiap hari, maka langkah kaki juga akan cenderung lebih lambat dan membuat langkah kita lebih kecil jika dibandingkan dengan memakai sepatu. Meskipun terlihat sepele, hal ini bisa membuat pinggul dan lutut lebih mudah terasa sakit.

Mengingat sandal jepit membuat kaki terekspos dari debu dan bisa dengan mudah terkena berbagai benda, kaki kita juga akan cenderung lebih mudah lecet-lecet. Tak hanya itu, tumit juga cenderung lebih mudah pecah-pecah mengingat tekanan saat menginjak tanah juga semakin besar akibat dari tipisnya sol sandal jepit yang menyangga kaki. Hal ini juga membuat tulang belakang kita tidak didukung dengan baik saat berjalan kaki sehingga berpengaruh besar bagi postur tubuh dan juga struktur tulang. Karena alasan inilah penggunaan sandal jepit bisa menyebabkan masalah sakit punggung.

Baca Juga:  Tendinitis, Peradagan Otot tendon

Untuk keperluan jarak dekat seperti berjalan di dekat rumah, penggunaan sandal jepit tidak akan memberikan dampak kesehatan yang berlebihan. Namun, jika kita kerap berjalan atau bepergian ke luar rumah, ada baiknya kita menggunakan alas kaki yang memberikan perlindungan lebih baik dan memberikan dukungan bagi struktur tulang tubuh secara keseluruhan.