Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur Bisa Memicu Kehilangan Penglihatan Pada Salah Satu Mata

DokterSehat.Com – Kehidupan masyarakat modern kini seakan-akan telah sangat bergantung dengan kemajuan teknologi. Banyak orang yang bahkan tidak bisa lepas dari ponsel dari mereka bangun pagi hingga saat mereka beranjak tidur. Sayangnya, ketergantungan pada peralatan berteknologi ini bisa berimbas buruk bagi dunia kesehatan. Sebagai contoh, banyak dari kita yang tetap memakai ponsel untuk melihat media sosial sebelum kita tidur saat kita sudah di atas ranjang dan lampu sudah dimatikan. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini bisa memicu masalah penglihatan.

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Sebagaimana dilansir dari webmd.com, dr. Gordon Plant dari Moorfields Eye Hospital di ondon menyebutkan jika banyak dari kita yang memakai ponsel saat kondisi kamar sudah gelap dengan posisi miring. Hal ini ternyata bisa berimbas pada hilangnya penglihatan pada salah satu mata, khususnya saat mereka terbangun untuk melakukan hal lain. Kehilangan penglihatan sementara ini sendiri terjadi pada mata yang kerap kita pakai untuk melihat ponsel.

Memang, dr. Plant menyebutkan jika masalah penglihatan ini hanya akan terjadi sementara, yakni beberapa menit dan tidak menimbulkan masalah permanen yang lebih berbahaya. Namun, banyak orang yang cenderung langsung panik dan berpikir jika mereka terserang stroke atau penyakit berbahaya lainnya.

Dr. Plant menyebutkan jika mata sedang mengalaim gangguan optik yang berasal dari kondisi mata yang sedang beradaptasi pada keadaan gelap. Sensasi ini sendiri sebenarnya mirip sebagaimana saat kita datang ke tempat yang sangat gelap setelah berada di tempat yang sangat terang dimana semua seakan-akan gelap dan tidak jelas. Dengan melihat ponsel dengan satu mata saat kita dalam posisi miring, salah satu mata akan terhalangi pandangannya oleh bantal sehingga hanya salah satu mata saja yang melihat ponsel. Hal ini berarti ada ketidakseimbangan diantara mata dimana salah satu mata beradaptasi dengan kondisi gelap dan mata lain dengan kondisi terang sehingga masalah kehilangan penglihatan sementara bisa terjadi.