Penggunaan Ponsel Saat Berolahraga Ternyata Tidak Baik

DokterSehat.Com – Banyak orang yang kini mengaku jika mereka seperti ketergantungan dengan ponselnya. Baik itu untuk mencari informasi atau karena keperluan komunikasi, banyak orang yang tidak bisa sedetikpun lepas dari ponsel dan akan sangat panik jika ponselnya tidak ditemukan. Tahukah anda, kini bahkan banyak orang yang membawa ponselnya bersama dengan olahraga. Terkesan aneh? Namun dalam realitanya teknologi terkini bisa membuat ponsel dibawa bersama saat jogging atau bahkan saat berenang. Lantas, apakah penggunaan ponsel saat berolahraga ini bisa memberikan dampak positif?

doktersehat-lari-jogging

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun banyak orang yang berdalih jika ponsel akan membantu mereka mengukur kemampuan olahraga dengan berbagai aplikasi, dalam realitanya penggunaan ponsel justru akan mengurangi manfaat kesehatan dari olahraga hingga 50 persen. Bagaimana tidak, pakar kesehatan menyebutkan jika lebih dari separuh waktu kita berolahraga kini hanya akan dipakai untuk melihat update di social media dan juga chatting dengan kawan sehingga tubuh pun hanya akan berhenti tanpa akan melakukan fisik.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 44 siswa dan dilakukan oleh Kent State University menunjukkan fakta dimana sebagian siswa yang melakukan olahraga di atas treadmill yang membawa ponsel akan terlihat sering melakukan kegiatan chatting, mendengarkan musik, hingga melihat update-an social media yang mempengaruhi latihan fisik. Sementara itu, sebagian siswa lain yang berolahraga di atas treadmill tanpa memakai ponsel justru bisa menjadi lebih fokus dan menjalankan latihan fisiknya dengan benar.

Dari penelitian ini, ditemukan fakta jika siswa yang berjalan di atas treadmill namun memakai ponsel akan cenderung menurunkan kekuatan dan kecepatannya hingga 10 persen. Sementara itu, detak jantung yang biasanya meningkat saat olahraga justru akan ikut menurun sebanyak 5 persen. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk jauh lebih baik berolahraga tanpa memegang ponsel.