Penggunaan Gadget Kurang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Gadget kini telah menjadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan harian masyarakat. Bagaimana tidak, dengan adanya gadget, kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat tentang berbagai macam hal. Disamping itu, kita juga bisa berkomunikasi dan menyelesaikan berbagai macam aktivitas dan tugas dengan bantuan gadget. Banyak orang yang bahkan untuk bangun tidur saja harus bergantung dengan alarm pada gadget. Sayangnya, ketergantungan yang sangat besar akan gadget ini bisa memicu banyak gangguan kesehatan bagi tubuh yang disebabkan oleh radiasi gadget-gadget yang sering dipakai.

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Banyak jenis gadget yang kita pakai dari laptop, handphone, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Radiasi gadget tersebut tidak hanya tentany pancaran cahaya dari monitor melainkan berupa banyak gelombang elektromagnetik yang dipancarkan gadget saat dipakai. Sinar radiasi dari monitor gadget bisa memicu mata lelah, khususnya jika kita memakai smartphone atau laptop terlalu lama. Mata lelah bisa menyebabkan mata berair, pusing, kelelahan, dan juga insomnia. Organ mata juga beresiko mengalami astenopia dimana pupil akan bereaksi lambat terhadap cahaya. Disamping itu, mata juga akan mengalami masalah katarak karena sinar radiasi laptop yang dipakai untuk bekerja dalam waktu yang lama ternyata bisa menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan katarak.

Disamping gangguan pada organ mata, penggunaan gadget yang berlebihan bisa memicu gangguan pada kulit wajah. Sinar VDU bisa membuat radiasi langsung pada kulit wajah dan menyebabkan iritasi dan kulit kemerah-merahan. Selain itu, penggunaan laptop di atas paha yang terlalu lama dan juga penempatan telepon selular pada saku celana juga diyakini mampu memberikan masalah pada kesuburan pria maupun wanita.

Beberapa orang mencoba mengurangi dampak radiasi dari penggunaan gadget dengan cara memberikan filter pada layar monitor laptop atau komputer sehingga mata pun terjaga dari sinar radiasi. Disamping itu, menjaga jarak antara mata dan layar gadget juga diyakini mampu menjaga mata dari kerusakan karena penggunaan gadget. Namun, kita sendiri harus mau mengurangi ketergantungan pada gadget dengan tidak memakai gadget layaknya smartphone terlalu lama. Biasakan untuk mengistirahatkan mata agar tidak memandang gadget setidaknya beberapa puluh menit dan jangan memakai gadget di ruangan yang cenderung gelap.