Penggunaan Gadget Bisa Memicu Beberapa Penyakit Berikut

DokterSehat.Com – Gadget telah menjadi sebuah peralatan yang sangat sulit untuk dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Gadget layaknya ponsel bisa membantu kita dalam melakukan berbagai aktifitas, pekerjaan, komunikasi, atau sekadar menghabiskan waktu di kala menunggu. Sayangnya, di balik ketergantungan kita pada gadget, ternyata ada banyak dampak kesehatan yang buruk yang mengintai kita. Berikut adalah beberapa penyakit yang dianggap bisa terjadi karena kita telah ketergantungan dengan gadget.

doktersehat-telinga-handphone

Insomnia atau susah tidur adalah penyakit paling umum yang dialami oleh mereka yang kecanduan gadget. Banyak orang yang memilih untuk menempatkan ponsel di kasur tempat mereka tidur sehingga jika ada notifikasi pesan atau telepon, maka kita pun cenderung akan langsung mengeceknya. Selain mengganggu waktu tidur, layar gadget layaknya ponsel yang cenderung terang dapat menekan pelepasan hormon melantonin yang sangat membutuhkan cahaya redup untuk membuat tubuh mudah tertidur. Hal ini tentu akan beresiko membuat kita mengalami susah tidur atau insomnia.

Pengguna gadget juga beresiko akan mengalami penyakit mental yang disebut sebagai nomophobia, akronim dari no mobile phone phobia. Banyak dari mereka yang sudah bergantung dengan gadget layaknya ponsel akan merasa cemas jika tidak menemukan gadget atau tidak mengecek gadget dalam beberapa waktu. Beberapa pakar kesehatan bahkan berkata jika sekitar 66 persen pecandu gadget pasti memiliki phobia ini. Phobia ini tentu saja bisa mengurangi kualitas hidup mengingat alih-alih menikmati banyak hal, yang selalu dipikirkan justru adalah apa yang terjadi dengan gadget.

Menggunakan gadget dengan berlebihan tanpa kita sadari telah membuat jari-jari tangan akan kekurangan waktu istirahat. Banyak ditemukan kasus dimana otot, tendon, hingga saraf pada jari-jari tangan mengalami kerusakan atau luka. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dan kita terus menggunakan gadget, jari tangan bisa mengalami kerusakan otot, rasa nyeri, hingga yang mengerikan adalah mati rasa sehingga memerlukan pembedahan untuk memperbaiki keadaannya kembali.