Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Cyber Sickness

DokterSehat.Com – Penggunaan gadget yang berlebihan kini telah banyak dianggap sebagai hal yang bisa menyebabkan tubuh tidak sehat. Banyak laporan dimana masyarakat sudah mengalami masalah pada saraf di area tangan karena terlalu banyak menggunakan gadget. Kini, banyak orang juga melaporkan bahwa penggunaan gadget layaknya smartphone atau laptop ternyata bisa memicu rasa sakit dan pusing pada kepala. Kondisi ini disebut oleh pakar kesehatan sebagai cyber sickness.

3502409281_0a2c26b1d8_b

Seorang pakar psikolog kognitif dari Coventry University Center for Mobility and Transport, Inggris, bernama Cyriel Diels berkata bahwa tubuh mengalami rasa sakit kepala atau pusing-pusing sebagai sebuah respons terhadap kegiatan atau lingkungan yang tidak alami dan tidak nyaman bagi tubuh. Cyber sickness sendiri bisa disebut sebagai kondisi tubuh yang sedang mengalami mabuk digital, dimana tubuh akan mengalami ketidakseimbangan antara indera satu dan juga indera lainnya sehingga membuat tubuh pun mudah mengalami mual-mual atau sakit kepala. Sebagai contoh, Anda tidak melihat tubuh anda melakukan gerakan pada otot atau persendian sehingga bagian sensorik tubuh pun mengalami konflik yang pada akhirnya membuat tubuh kita menjadi pusing dan mudah mengalami mual-mual.

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita memiliki resiko terkena cyber sickness lebih besar daripada pria. Hanya saja, mereka yang hampir tidak pernah bisa melepaskan gadgetnya dan menggunakannya secara berlebihan akan beresiko besar mengalami kondisi ini mengingat mata akan mengalami ketegangan dalam waktu yang lama saat menggunakan gadget sehingga pada akhirnya mata pun mengalami lelah dan kepala akan terasa pusing.

Untuk mengatasi masalah ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak menggunakan gadget secara berlebihan sehingga mata dan jari-jari tangan akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga kondisi cyber sickness pun akan lebih mudah dicegah. Dengan penggunaan gadget dengan bijak, tubuh pun tidak akan mudah mengalami masalah kesehatan.