Ritonavir/ Obat Antiretroviral – Cara Minum dan Cara Penyimpanan

DokterSehat.Com– Konsumsi ritonavir (Norvir) sebagaimana anjuran dokter Anda. Jangan mengambil dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

ritonavir

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi ritonavir (Norvir):

  • Tablet ritonavir harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Kapsul atau sirup Ritonavir harus dikonsumsi dengan makanan jika memungkinkan.
  • Jangan hancurkan, kunyah, atau menghancurkan tablet ritonavir. Telanlah seluruhnya dengan utuh.
  • Kocok sirup ritonavir dengan baik sebelum Anda mengukur dosis. Ukur cairan dengan sendok pengukur dosis khusus atau cangkir obat, bukan dengan sendok biasa. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker Anda.
  • Sirup ritonavir bisa dicampur dengan susu coklat atau minuman nutrisi seperti Ensure. Minum campuran dalam waktu 1 jam setelah mencampur sirup dengan susu.
  • Simpan kapsul ritonavir di kulkas atau pada suhu kamar, jauh dari panas atau kelembaban. Jika Anda menyimpan kapsul pada suhu kamar, Anda harus menggunakannya dalam 30 hari. Lindungi dari cahaya.
  • Simpan tablet ritonavir pada suhu kamar dari panas atau kelembaban.
  • Simpan sirup ritonavir pada suhu kamar dengan tutup rapat. Jangan sampai beku.

Gunakan ritonavir secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Minta resep kembali sebelum Anda benar-benar kehabisan obat. HIV/AIDS biasanya diobati dengan kombinasi obat-obatan. Gunakan semua obat sesuai petunjuk dokter Anda. Bacalah panduan pengobatan atau petunjuk pasien yang diberikan setiap pengobatan. Jangan mengubah dosis atau jadwal pengobatan Anda tanpa saran dokter Anda. Setiap orang dengan HIV atau AIDS harus tetap di bawah perawatan dokter. Darah Anda perlu diuji secara teratur. Fungsi hati Anda mungkin juga perlu diuji. Kunjungi dokter Anda secara teratur.

Baca Juga:  Ritonavir/ Obat Antiretroviral - Efek Samping Ringan dan Informasi Penting

Minum dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Lewati obat jika sudah hampir waktunya untuk dosis terjadwal berikutnya. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlewat.

Ritonavir – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5