Penggunaan Antibiotik yang Salah Bisa Bikin Bakteri Kebal

Doktersehat.com – Penggunaan antibiotik yang salah dapat menyebabkan terjadinya resistensi mikroba terhadap antibiotik itu sendiri. Menurut Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Maura Linda Sitanggang dalam periode tujuh dekade terakhir penggunaan antibiotik dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Tapi, kini banyak terjadi resistensi mikroba terhadap antibiotik. Padahal penelitian di bidang mikrobiologi klinis hanya sedikit sehingga kalah cepat dengan resistensi mikroba.



Ada berbagai faktor yang dapat pemicu berkembangnya resistensi mikroba terhadap antibiotik. Salah satunya terjadi akibat kesalahan pasien sendiri. Biasanya pasien yang merasa sudah sembuh tidak menghabiskan semua antibiotik yang sudah diberikan. Padahal tindakan seperti itu bisa memicu resistensi.

Tak hanya itu saja, kini antibiotik bisa dijual bebas sehingga sangat mudah didapatkan. Akibatnya, masyarakat menjadi lebih bebas menggunakan antibiotik. Selain itu, mudahnya penyedia layanan primer dalam memberikan antibiotik terhadap pasien turut memicu banyaknya penggunaan antibiotik di masyarakat.

Penyebabb lainnya adalah tidak terkontrolnya pemakaian antibiotik pada hewan ternak yang kemudian hasil ternaknya dikonsumsi oleh manusia.

Menurut Prof. Sam Suharto, ketua PAMKI, untuk meningkatkan peran pakar mikrobiologi klinik, diperlukan pendidikan mikrobiologis klinis yang lebih banyak dan merata di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menambah kuantitas pakar dan juga mempermudah penyebaran informasi tentang hasil riset.

Sumber: kompas.com