Pengguna Program Bayi Tabung di Indonesia Meningkat

DokterSehat.ComIn Vitro Fertilization (IVF) atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai program bayi tabung adalah sebuah solusi yang cukup banyak digunakan oleh pasangan yang ingin mendapatkan keturunan namun mengalami masalah kesuburan atau infertilitas. Di Indonesia sendiri, pengguna program bayi tabung ini cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apa penyebab dari peningkatan ini?

doktersehat-masalah-kesuburan-kehamilan-baby-set-go-bayi-tabung-mendapatkan-keturunan

Pakar kesehatan dari Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia bernama dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG, berkata bahwa pada tahun 2014 silam, hanya ada 4.877 penguna program bayi tabung di tanah air. Pada tahun 2015, angka ini meningkat hingga 6.008 pengguna atau sekitar 25 persen. Data dari tahun 2016 lalu masih dihitung sehingga belum dipastikan apakah meningkat atau cenderung stagnan.

Peningkatan pengguna program bayi tabung ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi, semakin banyak pasangan yang kini mengalami pasangan kesuburan. Selain itu, kini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya pengetahuan tentang ketidaksuburan dan adanya program bayi tabung sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya. Sebagai informasi, pasangan yang mengalami gangguan ketidaksuburan di Indonesia cukup tinggi dan cukup banyak dari mereka yang membutuhkan program bayi tabung untuk mendapatkan keturunan. Dari sekitar 4 juta pasangan yang mengalami gangguan infertilitas, setidaknya ada 200 ribu pasangan yang membutuhkan bantuan program bayi tabung ini. Hanya saja, hingga saat ini saja, Indonesia baru melakukan 7 ribu siklus bayi tabung.

Menurut pakar kesehatan, meningkatnya pengguna program bayi tabung juga disebabkan oleh semakin terjangkaunya biaya program ini. Selain itu, klinik yang melayani program ini juga semakin banyak ditemukan di kota-kota besar layaknya Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Medan, atau di kota-kota lain layaknya Magelang dan Surakarta. Karena kemudahan-kemudahan ini pulalah yang membuat banyak pasangan yang mengalami infertilitas mencoba program bayi tabung demi mendapatkan keturunan yang selama ini diidam-idamkan.