Kanker Prostat – Pengertian

Kanker prostat adalah kanker yang tumbuh pada bagian reproduksi pria, yaitu prostat. Prostat adalah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Prostat membuat sebagian besar air mani yang membawa sperma. Kelenjar prostat seukuran buah kenari terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi bagian atas uretra, tabung yang membawa urin dari kandung kemih.

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat

Kanker prostat merupakan masalah kesehatan utama bagi pria Amerika. Penyakit ini jarang terjadi sebelum usia 50 tahun, dan para ahli percaya bahwa kebanyakan pria lanjut usia memiliki risiko itu.

The American Cancer Society memperkirakan bahwa sekitar 220.800 kasus baru kanker prostat akan didiagnosis pada tahun 2015. Diperkirakan 27.640 orang akan mati karena kanker prostat. Pria Afrika-Amerika lebih mungkin untuk mendapatkan kanker prostat dan memiliki tingkat kematian tertinggi. Selain kanker kulit, kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria Amerika. Di bagian lain dunia – terutama Asia, Afrika, dan Amerika Latin – kanker prostat jarang terjadi.

Kanker prostat biasanya tumbuh kanker sangat lambat, sering tidak ada gejala sampai stadium lanjut. Kebanyakan pria dengan kanker prostat meninggal karena penyebab lain, dan banyak yang tidak pernah tahu bahwa mereka memiliki penyakit. Tapi setelah kanker prostat mulai tumbuh cepat atau menyebar di luar prostat, itu berbahaya.

Kanker prostat pada tahap awal (ketika itu hanya ditemukan di kelenjar prostat) dapat diobati dengan peluang yang sangat baik untuk bertahan hidup. Untungnya, sekitar 85% dari pria Amerika dengan kanker prostat didiagnosis pada tahap awal penyakit.

Kanker yang telah menyebar di luar prostat (seperti ke tulang, kelenjar getah bening, dan paru-paru) tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol selama bertahun-tahun. Karena banyak kemajuan dalam perawatan yang tersedia, kebanyakan pria yang kanker prostat dapat berharap untuk hidup lima tahun atau lebih. Beberapa pria dengan kanker prostat stadium lanjut hidup normal dan mati dari penyebab lain, seperti penyakit jantung.