Hipertiroidisme – Pengertian

Hipertiroidisme-doktersehat

Hipertiroidisme adalah kondisi medis yang diakibatkan oleh kelebihan hormon tiroid dalam darah. Hormon tiroid mengendalikan sebagian besar proses metabolisme dalam tubuh. Pada kasus hipertiroidisme, proses metabolisme sering melonjak sehingga menyebabkan gejala-gejala dari hipertiroidisme.

Tirotoksikosis adalah bentuk ekstrem dari hipertiroidisme yang dapat mengancam jiwa dan harus mendapatkan penanganan dengan segera. Pada beberapa kasus, hipertiroidisme lebih cenderung terjadi pada wanita. Meski begitu, kondisi ini bisa muncul pada usia berapapun, termasuk ketika masih anak-anak. Namun, hal ini biasanya muncul ketika memasuki usia 20-40 tahun.

Seperti diketahui, hormon tiroid mengendalikan sebagian besar proses metabolisme dalam tubuh. Mereka diproduksi oleh kelenjar tiroid yang terletak di bagian anterior (depan) leher. Hormon ini memengaruhi banyak organ dan sistem biokimia di tubuh. Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif, maka proses tubuh akan terjadi lebih cepat.

Rantai Aktivitas Hormon Tiroid

Proses biokimia yang kompleks dalam tubuh mengendalikan produksi kelenjar tiroid dari hormon tiroid. Dua kelenjar seperti hipotalamus dan kelenjar pituitary—keduanya  memiliki efek biokimia pada tiroid.

Hipotalamus bertugas untuk melepaskan hormon yang disebut thyrotropin-releasing hormone (TRH), yang mengirimkan sinyal ke hipofisis untuk melepaskan thyroid-stimulating hormone (TSH). Pada gilirannya, TSH mengirimkan sinyal ke tiroid untuk melepaskan hormon tiroid. Jika terjadi masalah dengan salah satu dari ketiga kelenjar ini, maka produksi produksi hormon tiroid bisa berlebih yang menyebabkan hipertiroidisme

Orang dengan penyakit hipertiroid biasanya akan memiliki detak jantung yang cepat, penurunan berat badan, dan tidak tahan panas karena selalu gerah. Selain itu, penderita juga dapat mengalami peningkatan tekanan darah, gugup, tremor (gemetaran), mengeluarkan banyak keringat, gampang lapar, gelisah, mengalami kesulitan berkonsentrasi dan buang air besar lebih sering. Untuk wanita, hal yang mungkin terjadi adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

An illustration of the thyroid and surrounding anatomy.

Gambar 1. Anatomi kelenjar tiroid

Schematic representation of the hypothalamic-pituitary-thyroid negative/positive feedback system.

Gambar 2. Rantai aktivitas hormon tiroid

Hipertiroidisme – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4