Hipertiroidisme – Pengertian

Hipertiroidisme adalah kondisi medis yang diakibatkan oleh kelebihan hormon tiroid dalam darah. Hormon tiroid mengendalikan sebagian besar proses metabolisme dalam tubuh. Pada kasus hipertiroidisme, proses metabolisme sering melonjak sehingga menyebabkan gejala-gejala dari hipertiroidisme. Tirotoksikosis adalah bentuk ekstrim dari hipertiroidisme yang dapat menyebabkan gejala memberat atau mengancam jiwa dan perlu penanganan segera.

doktersehat-tenggorokan-leher

Apa itu hormon tiroid?
Hormon tiroid mengendalikan sebagian besar proses metabolisme dalam tubuh. Mereka diproduksi oleh kelenjar tiroid yang terletak di bagian anterior (depan) leher. Hormon ini mempengaruhi banyak organ dan sistem biokimia di tubuh Anda.

Peraturan hormon tiroid – Rantai aktivitas hormon
Proses biokimia yang kompleks dalam tubuh mengendalikan produksi kelenjar tiroid dari hormon tiroid. Dua kelenjar lain – hipotalamus dan kelenjar pituitari – keduanya memiliki efek biokimia pada tiroid. Hipotalamus (“kelenjar induk/ master gland“) melepaskan hormon yang disebut thyrotropin-releasing hormone/hormon pelepas tirotropin (TRH), yang mengirimkan sinyal ke hipofisis untuk melepaskan thyroid-stimulating hormone/ hormon perangsang tiroid (TSH). Pada gilirannya, TSH mengirimkan sinyal ke tiroid untuk melepaskan hormon tiroid. Masalah dengan salah satu dari ketiga kelenjar ini dapat menyebabkan produksi hormon tiroid berlebih dan dapat menyebabkan hipertiroidisme.

Apa penyebab hipertiroidisme?
Beberapa penyebab umum hipertiroidisme yang akan dibahas:

  • Penyakit grave
  • Adenoma fungsional (“hot nodule“) dan toxic multinodular goiter (TMNG)
  • Asupan berlebihan hormon tiroid
  • Sekresi TSH yang tidak normal
  • Tiroiditis (radang kelenjar tiroid)
  • Asupan yodium berlebih

An illustration of the thyroid and surrounding anatomy.

Gambar 1. Anatomi kelenjar tiroid

Schematic representation of the hypothalamic-pituitary-thyroid negative/positive feedback system.

Gambar 2. Rantai aktivitas hormon tiroid