Psoriasis pada Anak – Pengertian, Gejala, dan Pemicu

Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum tidak menular. Hal ini menyebabkan lapisan sel-sel kulit bertumbuh lebih cepat dari biasanya dan sel-sel kulit lama tidak berdegenerasi seperti seharusnya. Sel-sel kulit ini bertumbuh pada permukaan kulit Anda, menyebabkan penebalan dan kulit yang merah yang disebut “plakat.” Plakat biasanya gatal dan ditutupi dengan sisik putih-perak tebal. Sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif merupakan dasar dari proses penebalan kulit ini.

doktersehat-bayi-tangan-merah-rash-gatal-iritasi-sindrom-stevens-johnson-Erisipelas-lupus

Psoriasis dapat muncul di manapun pada tubuh Anda, tetapi yang paling umum pada lutut, kulit kepala, siku, dan dada.

Psoriasis dapat diwariskan dari generasi ke generasi. Menurut Yayasan Psoriasis Nasional (NPF) di Amerika, jika Anda mengalami psoriasis, kemungkinan anak Anda juga akan mengalami psoriasis sebesar 10%. Jika Anda dan orang tua Anda mengalami psoriasis, kemungkinan anak Anda terkena psoriasis meningkat menjadi 50%, bahkan mungkin lebih tinggi.

Gejala psoriasis pada anak
Ada beberapa jenis psoriasis. Setiap jenis memiliki gejala yang unik. Gejala yang paling umum dari psoriasis meliputi:

  • Pola kulit yang terangkat di kulit, seringkali merah dan ditutupi dengan sisik putih-keperakan (sering keliru untuk ruam popok pada bayi)
  • Kulit kering, pecah-pecah dan bisa berdarah
  • Gatal, nyeri, atau sensasi terbakar di dalam dan sekitar daerah kulit yang terkena
  • Jika ditekan dengan kuku, maka plak akan meninggalkan

Psoriasis adalah kondisi kronis, artinya berarti akan cenderung tidak pernah bisa sembuh. Psoriasis juga suatu kondisi yang dipengaruhi oleh peningkatan atau penurunan aktivitas. Jika anak aktif, anak akan memiliki lebih banyak gejala. Dalam beberapa minggu atau bulan, gejala dapat membaik atau bahkan hilang. Siklus ini sering tak terduga. Dangat sulit untuk mengetahui seberapa parah gejala ketika akan memulai siklus.

Baca Juga:  Luka Bakar - Pengertian dan Tipe

Pemicu psoriasis
Sementara tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan psoriasis, ada beberapa pemicu yang dapat membuat wabah lebih mungkin. Ini termasuk:

  • infeksi
  • iritasi kulit
  • stress
  • kegemukan
  • cuaca dingin

Menghindari atau mencari cara untuk mengelola pemicu ini dapat membantu mengurangi kejadian atau keparahan wabah psoriasis.