Flu Burung – Pengertian dan Penyebab

Flu burung adalah infeksi yang disebabkan oleh jenis tertentu dari virus flu burung. Meskipun ada banyak jenis flu burung, jenis yang paling umum yang menjadi kekhawatiran para petugas kesehatan adalah virus flu burung H5N1 dan H7N9. Virus ini ditemukan pada burung liar. Kebanyakan burung liar tampak sehat, tidak sakit. Tapi burung liar dapat dengan mudah menularkan virus kepada unggas yang diternakkan untuk dimakan, seperti ayam, itik, dan bebek. Virus ini dapat menyebabkan unggas menjadi sangat sakit.

doktersehat-flu-burung-avian-influenza-h5n1

Biasanya virus flu burung tidak ditularkan dari unggas ke manusia. Tapi sejak tahun 1997, beberapa orang telah menjadi sakit flu burung dengan ini serius, jenis mematikan flu burung. Sebagian besar infeksi tersebut telah berkembang di negara-negara Asia antara orang-orang yang pernah kontak dengan unggas yang dibesarkan di pertanian.

Apa yang menyebabkan flu burung?
Flu burung disebabkan oleh virus. Setelah burung liar menginfeksi unggas peternakan, virus dapat dengan mudah dan cepat menyebar di antara ratusan atau ribuan burung. Unggas yang sakit kemudian harus dibunuh untuk menghentikan penyebaran virus.

Orang-orang yang terkena kontak dengan ayam yang sakit, bebek, atau itik lebih mungkin untuk mendapatkan virus. Virus flu burung dapat ditularkan melalui kotoran burung dan air liur pada permukaan seperti kandang, traktor, dan peralatan pertanian lainnya.

Kebanyakan orang tidak perlu khawatir virus flu burung. Anda tidak bisa mendapatkan flu burung dari makan ayam atau unggas lain yang benar-benar matang karena panas membunuh virus.

Mengapa orang begitu khawatir tentang flu burung?
Dalam beberapa kasus, flu burung ditularkan dari satu orang ke orang lain, bukan dari burung ke seseorang. Tapi ini sangat jarang terjadi. Virus flu burung dapat membuat orang sakit jenis lain dari virus flu. Meskipun hanya beberapa ratus orang diketahui telah sakit flu burung, lebih dari setengah dari mereka telah meninggal.

Baca Juga:  Nyeri Otot - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Para ahli juga khawatir karena virus flu burung sangat berbeda dari virus flu lain di mana tubuh kita tidak memiliki kekebalan terhadap flu burung tersebut. Tidak memiliki kekebalan berarti bahwa tubuh kita sulit melawan virus. Ini juga berarti bahwa siapa pun, termasuk mereka yang dinyatakan sangat sehat, bisa sakit parah jika ia mendapat flu burung.