Pneumonia – Pengertian dan Gejala

Pneumonia yang juga dikenal dengan istilah awam “paru-paru basah” adalah infeksi pada paru-paru, tepatnya pada kantong-kantong udara paru-paru sehingga kantong paru akan dipenuhi sel-sel radang dan cairan, serta akan mengalami pembengkakan. Orang yang mengalaminya bisa batuk, atau demam, atau sulit bernapas. Untuk kebanyakan orang, pneumonia dapat diobati di rumah. Biasanya, pneumonia akan sembuh dalam 2–3 minggu. Namun, pada lansia, bayi, dan orang dengan kelemahan kekebalan tubuh, pneumonia bisa sangat menyaktikan, sehingga butuh rawat inap di rumah sakit.

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

Orang-orang mendapatkan pneumonia di kehidupan sehari-hari melalui rumah atau tempat kerja. Pneumonia-komunitas tidak termasuk kasus pneumonia di fasilitas pelayanan kesehatan (seperti panti jompo atau rumah sakit).

  • Sekitar 1 juta orang yang mendapatkan pneumonia setiap tahun harus pergi ke rumah sakit.
  • Sekitar 60.000 kasus mengakibatkan kematian.
  • Lansia di atas 65 tahun memiliki kesempatan dua kali lebih besar

Anda dapat mengalami pneumonia dari tempat Anda beraktivitas sehari-hari seperti sekolah atau kantor, dan disebut dengan pneumonia-komunitas. Anda juga dapat mengalami pneumonia dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan, disebut dengan pneumonia-pelayanan-kesehatan. Pneumonia ini dapat menjadi berat karena Anda sudah dalam posisi sakit ketika berada di pelayanan kesehatan. Artikel ini akan fokus pada pneumonia yang didapatkan dari kehidupan sehari-hari (pneumonia-komunitas).

Kuman yang berupa bakteri atau virus biasanya menyebabkan pneumonia.

Pneumonia biasanya dimulai ketika Anda menghirup kuman ke dalam paru-paru Anda. Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan penyakit ini setelah pilek atau flu. Penyakit seperti pilek atau flu tersebut membuat sulit paru-paru Anda untuk melawan infeksi, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pneumonia. Memiliki penyakit jangka panjang, atau kronis seperti asma, penyakit jantung, kanker, atau diabetes juga membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan pneumonia.

Baca Juga:  Kanker Lambung - Pengobatan dan Pencegahan

Gejala
Gejala pneumonia yang disebabkan oleh bakteri biasanya datang dengan cepat:

  • Anda mungkin akan mengalami batuk lendir (dahak) dari paru-paru Anda. Lendir mungkin berwarna kuning atau hijau atau bercampur dengan darah.
  • Bernapas cepat dan perasaan sesak napas.
  • Gemetar dan “gigi-gemeletuk” karena menggigil.
  • Nyeri dada yang sering terasa lebih buruk ketika Anda batuk atau bernafas dalam.
  • Detak jantung cepat.
  • Merasa sangat lelah atau sangat lemah.
  • Mual dan muntah.