Asam Urat – Pengertian

Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan metabolisme asam urat yang abnormal, menghasilkan kelebihan asam urat dalam jaringan dan darah. Dalam istilah medis asam urat disebut sebagai gout. Orang dengan asam urat menghasilkan terlalu banyak asam urat, atau lebih sering lagi, ginjal mereka tidak memadai untuk mengeluarkannya. Ada sejumlah konsekuensi yang mungkin timbul dari penumpukan asam urat ini di dalam tubuh, termasuk artritis gout (nyeri sendi karena asam urat) akut dan kronis, batu ginjal, dan endapan asam urat lokal (tophi) di kulit dan jaringan lainnya yang menyebabkan benjolan pada kulit. Asam urat bisa terjadi sendiri (asam urat primer) atau mungkin terkait dengan kondisi medis atau obat lain (asam urat sekunder).

asam-urat-gout-doktersehat

Prevalensi asam urat tampaknya meningkat. Saat ini diperkirakan mempengaruhi lebih dari 6 juta orang Amerika. Menurut data riset kesehatan dasar (riskesda 2016), provinsi dengan prevalensi mengidap penyakit sendi asam urat tertinggi adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan prevalensi (33,1%), Jawa Barat (32,1%) dan Bali (30,0%).

Artritis gout (nyeri sendi karena asam urat) adalah penyebab umum onset mendadak sendi yang menyakitkan, panas, merah, bengkak, terutama di kaki pada jempol kaki dan di tangan pada jempol tangan. Arthritis gout dilaporkan merupakan penyebab paling sering dari inflamasi sendi pada pria berusia di atas 40 tahun. Diagnosis nyeri sendi karena asam urat ini ditegakkan secara pasti dengan mendeteksi kristal asam urat (monosodium urate) dalam sampel aspirasi cairan sendi. Kristal asam urat ini dapat menumpuk di sendi dan jaringan di sekitar sendi selama bertahun-tahun, yang sebentar-sebentar memicu peradangan berulang yang akut. Serangan berulang dari artritis gout, atau “flare,” dapat merusak sendi dan menyebabkan artritis kronis. Untungnya, meskipun asam urat adalah penyakit progresif, ada obat yang efektif untuk mengobati asam urat.