Pengeroposan Tulang Bisa Terjadi Sejak Usia Muda

DokterSehat.Com – Penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis sering kali dianggap sebagai penyakit yang hanya diderita oleh orang tua. Dengan adanya pengeroposan tulang, maka struktur tubuh pun akan menjadi lebih rapuh sehingga banyak kegiatan sehari-hari yang tidak bisa kita lakukan. Penyakit osteoporosis sendiri termasuk dalam golongan silent disease dimana tubuh tidak akan merasakan sakit apapun namun pada akhirnya tubuh tiba-tiba tidak bisa bangun atau melakukan aktifitas dengan normal. Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan kini juga banyak menemukan kasus osteoporosis juga pada mereka yang berusia muda.

doktersehat-wanita-sakit-tulang

Secara umum, kita bisa membagi penyakit osteoporosis menjadi penyakit osteoporosis primer dan juga osteoporosis sekunder. Osteoporosis primer sendiri bisa dibagai menjadi kondisi osteoporosis pasca fase menopause yang biasanya ditandai dengan penurunan hormon estrogen dan juga osteoporosis senilis yang lebih sering terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau di atas 65 tahun. Sementara itu, jenis osteoporosis sekunder adalah efek sampingd ari adanya penyakit-penyakit lain yang menyebabkan osteoporosis layaknya masalah pada kelenjar tiroid atau adrenal.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk menjaga kesehatan tulang dari usia yang sangat muda, yakni 20an atau 30an. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memperhatikan asupan kalsium dan vitamin D. Dalam sehari, ada baiknya kita mengkonsumsi 1000 hingga 1200 miligram kalsium. Selain itu, asupan vitamin D yang ideal dalam sehari adalah sekitar 600-800 IU. Asupan tersebut bisa akita dapatkan dari makanan-makanan layaknya susu, ikan teri, sayuran hijau, minyak ikan, jamur, dan juga sinar matahari. Paparan sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D juga bisa kita kombinasikan dengan aktifitas olahraga dengan teratur. Beberapa olahraga yang diyakini baik untuk melawan osteoporosis adalah jogging, berenang, atau bahkan berjalan kaki.

Baca Juga:  Brokoli Baik Untuk Kesehatan

Mencegah osteoporosis juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup kita untuk menjadi lebih baik. Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda, beralkohol, atau bahkan minuman berkafein tinggi sebaiknya mulai kita tinggalkan. Selain itu, merokok juga bisa membuat kesehatan tulang dan tubuh secara keseluruhan menjadi lebih tidakbaik. Jika diperlukan, anda bisa rajin-rajin mengecek kondisi kesehatan tulang anda secara rutin enam bulan sekali sehingga jika terjadi ada tanda-tanda penyakit anda bisa langsung melakukan penanganan yang tepat dan cepat.