Pengaruh Makanan Pada Tidur Anda

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

DokterSehat.Com– Anda akhir-akhir ini sering merasa susah tidur, meski badan sudah lelah ingin diistirahatkan? Jangan khawatir, tinggalkan obat tidur sebagai sarana prosesi menjelang tidur sekarang juga dan beralihlah kepada makanan apa yang anda konsumsi setiap hari. Mari kita cari tahu, tips-tips apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak.

1. Konsumsi makanan kaya kandungan tryptophan
Salah satu asam amino esensial ini dikenal sebagai zat yang dapat mendorong anda tidur dengan lelap. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam amino penting ini. Jadi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kita harus mendapatkannya dari luar. Makanan yang banyak mengandung asam amino tryptophan diantaranya pisang, gandum, madu, dan daging unggas.

2. Konsumsi makanan kaya karbohidrat
Kombinasi makanan kaya karbohidrat dan asam amino tryptophan sangat baik bagi anda yang susah tidur. Jadi carilah makanan seperti sereal dan susu, yogurt, crackers, roti atau keju untuk mendukung rencana anda menikmati tidur lelap.

3. Sedikit cemilan menjelang waktu tidur
Bagi anda yang masuk kategori insomnia berat, sedikit makanan mungkin membantu anda terlelap. Tetapi perlu diingat, hal ini jangan dijadikan pembenar untuk mengkonsumi makanan lebih banyak lagi di saat menjelang tidur.

4. Lupakan burger dan kentang goreng sekarang juga
Penelitian baru menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya lemak seharian, akan mengganggu tidur nyenyak anda. Jadi cegah sekarang selagi bisa.

5. Hati-hati makanan dengan kadar kafein rendah
Adalah tidak mengejutkan bahwa secangkir kopi di sore hari dapat mengganggu tidur anda. Tidur anda juga bisa terganggu meskipun hanya mengkonsumsi makanan dengan kadar kafein rendah seperti cokelat, cola, dan teh. Jadi mulai dari sekarang, hindari konsumsi kafein dari waktu siang sampai menjelang tidur, meskipun dengan kadar rendah.

6. Perhatikan obat-obatan yang anda konsumsi
Beberapa obat-obatan yang kita konsumsi mungkin mengandung kafein, bahkan ada yang kadarnya jauh lebih banyak dari secangkir kopi. Jadi hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan. Cek dulu label yang tertera apakah mengandung zat yang bisa mengganggu tidur anda (menyebabkan insomnia) atau tidak. Umumnya obat-obatan seperti pil penurun bobot tubuh, diuretic, dan obat flu mengandung kafein meskipun dengan kadar yang berbeda-beda.

7. Jauhi cemilan tinggi protein
Protein memang bagian yang terpenting di dalam menu makanan kita. Meskipun demikian, makanan kaya protein relative lebih sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga bisa mengganggu tidur anda. Jadi jauhi cemilan tinggi protein menjelang waktu tidur.

8. Kurangi minum setelah jam 8 malam
Air minum memang sangat baik bagi tubuh kita. Bahkan sangat penting dalam proses metabolisme. Tetapi konsumsi di saat yang kurang tepat, misalnya menjelang waktu tidur akan mengganggu kualitas tidur anda. Tidur anda mungkin akan sering terganggu dengan seringnya bangun karena ingin ke kamar mandi.

9. Stop merokok sekarang juga!
Sebagian orang beranggapan bahwa merokok bisa menyebabkan tubuh anda rileks dan memudahkan anda tertidur. Tetapi tahukah anda, anggapan itu keliru. Karena kandungan nikotin dalam rokok akan menyebabkan anda susah tidur. Jadi stop merokokok menjelang tidur atau di saat anda terbangun di sela-sela tidur anda.