Pengaruh Kanker Pada Kehamilan

DokterSehat.Com – Kanker, yang biasa disebut sebagai tumor ganas ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan.  Lalu, bagaimana bila Anda yang sedang hamil, tiba-tiba divonis mengidap kanker.  Apa yang akan terjadi pada bayi yang ada di dalam kandungan Anda?  

6

Selain faktor genetis, kehamilan pertama di usia 30-40 tahun beresiko terserang penyakit kanker. Hal ini terkait dengan menurunnya kondisi fisik sang ibu yang rentan terserang penyakit. Ada beberapa jenis kanker yang biasa menyerang wanita yang tengah hamil, seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker tiroid. Kehamilan yang terganggu penyakit kanker dapat menyebabkan risiko bayi lahir prematur, lahir sesar, bahkan kemungkinan terburuknya bisa terjadi keguguran dan janin dalam kandungan harus diangkat.

Lalu, pengobatan apa yang sebaiknya dilakukan ketika kanker menyerang saat hamil?

Seiring dengan majunya ilmu kedokteran, pengobatan kanker pada saat kehamilan bisa dilakukan, namun tetap harus memperhatikan usia kehamilan dan seberapa ganas kanker yang menggerogoti tubuh ibu hamil. Ada beberapa dokter yang menyarankan ibu hamil penderita kanker tetap menjalankan pengobatan, seperti operasi dan kemoterapi untuk memberantas sel kanker. Obat-obatan yang diberikan juga telah dijamin keamanannya dan tidak membahayakan janin. Bahkan, operasi juga tentu dilakukan dengan pengawasan ahli anestesi yang memperhitungkan kesehatan kehamilan. Sedangkan untuk kemoterapi, biasanya dilakukan setelah trimester pertama, karena pada masa ini organ janin telah terbentuk.

Mengetahui bahaya kanker pada kehamilan, maka sudah menjadi kewajiban ibu hamil untuk selalu mewaspadai penyakit mematikan ini. Bagi ibu hamil yang telah divonis mengidap kanker, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli demi menentukan langkah pengobatan yang terbaik.