Disleksia – Pengajaran Fonetik dan Kata

Pendekatan fonetik mengajarkan pengenalan kata melalui pembelajaran yang sistematis terhadap suara. Metode ini mengajarkan keseluruhan kata dalam suatu kelompok kata atau pola ejaan yang serupa. Penderita disleksia tidak secara langsung mengajarkan hubungan antara huruf dan suara tapi mempelajarinya melalui perbedaan kata.

ayah_anak_doktersehat

Banyak ahli berpendapat bahwa pendekatan khusus adalah kunci untuk melibatkan anak dalam membaca. Hingga kini tidak ada panduan khusus yang menunjukkan keuntungan yang jelas dari satu pendekatan dengan pendekatan lainnya.

Saat penderita disleksia memasuki masa dewasa, fokus yang menjadi perhatian adalah masalah ‘akomodasi’. Akomodasi di sini diartikan sebagai penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan

Ini berarti bahwa upaya yang wajar harus dilakukan untuk menyesuaikan kurikulum dan metode pengajaran untuk memungkinkan orang dengan disleksia menggunakan strategi alternatif untuk tugas tertentu.

Beberapa jenis akomodasi meliputi:

  • Instruksi
  • Lingkungan
  • Pekerjaan rumah
  • Teknologi bantu
  • Pengujian

Selain melalui edukasi, orang tua juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan anak. Langkah sederhana yang bisa dilakukan antara lain:

  • Perbanyak waktu membaca di rumah. Anda mungkin bosan membacakan cerita yang sama dan berulang-ulang pada anak Anda, namun pengulangan ini akan semakin meningkatkan kemampuan anak untuk memahami cerita sehingga mereka menjadi tidak begitu asing lagi dengan tulisan dan cerita. Berikan juga waktu untuk anak Anda membaca sendiri tanpa bantuan Anda.
  • Waktu yang paling baik untuk membacakan buku adalah saat anak berusia 6 bulan, atau bahkan lebih muda. Saat anak sudah berusia lebih besar, cobalah membaca bersama-sama dengan anak.
  • Bicarakan kondisi anak dengan guru atau kepala sekolah, dan diskusikan cara yang paling tepat untuk membantu anak Anda supaya berhasil dalam pelajaran.
Baca Juga:  Disleksia - Prognosis dan Tokoh Dunia yang Mengalaminya

 

Disleksia – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7