Penelitian: Warga Korea Cenderung Tidak Bermasalah Dengan Bau Badan

DokterSehat.Com – Belakangan ini, invasi dari budaya negeri ginseng Korea Selatan berlangsung dengan sangat luar biasa sehingga banyak para remaja yang bahkan sudah mengenal berbagai tokoh-tokoh Korea. Masyarakat Korea digambarkan sebagai manusia dengan tampilan fisik yang menawan sehingga banyak orang yang menggilainya. Tahukah anda, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bristol pada tahun 2013 menunjukkan sebuah fakta yang menarik dimana warga Korea ternyata cenderung tidak memiliki masalah bau badan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-ketiak-deodoran

Pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini menyebutkan jika warga Korea secara alami tidak memiliki gen bau badan semenjak lahir. Gen yang mempengaruhi bau badan ini sendiri disebut sebagai gen ABC11. Penelitian ini sendiri dilakukan pada ribuan orang yang berasal dari berbagai jenis ras. Hasilnya adalah, hampir 100 persen orang Korea ternyata mengalami mutasi gen yang membuat mereka sangat beruntung untuk tidak memiliki masalah bau badan.

Selain pada masyarakat Korea, penelitian ini juga dilakukan pada ras-ras dari berbagai macam negara. Sebagai contoh, pada masyarakat Asia Tenggara, ditemukan setidaknya 30 hingga 50 persen warganya yang tidak memiliki bau badan. Sementara itu, sisanya adalah mereka yang cenderung mampu memproduksi keringat dan bau badan yang sangat menyengat.

Sementara itu, dari hampir 6.500 ibu dari Inggris yang mengikuti penelitian ini, hanya 2 persen saja yang diketahui tidak memiliki gen bau badan layaknya orang Korea. Selain itu, 97 persen masyarakat dari beberapa ras Eropa daratan dan Afrika memiliki masalah bau badan yang sangat parah karena tubuhnya cenderung memproduksi keringat berbau.

Meskipun begitu, pakar kesehatan juga masih menyorot pentingnya menjaga gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan badan agar masalah bau badan ini tidak mudah muncul. Dengan tubuh yang terbebas bau badan, maka kita pun akan mendapatkan rasa percaya diri.