Penelitian: Vitamin D Sepertinya Mampu Menurunkan Gejala Asma

DokterSehat.Com – Penderita penyakit asma tentu akan sangat menderita tatkala gejala asmanya kambuh. Bagaimana tidak, nafas mereka akan menjadi sesak sehingga akan sangat sulit untuk berbicara atau bahkan melakukan berbagai aktifitas dengan normal. Memang, ada banyak obat asma yang tersedia di pasaran. Namun, pakar kesehatan justru menemukan fakta menarik yang bisa membuat seseorang menurunkan gejala asma dengan aefektif. Cara ini dalah dengan membuat penderita asma mengkonsumsi vitamin D dengan rutin.

doktersehat-wanita-asma

Pakar kesehatan melakukan sebuah penelitian di Inggris. Pemimpun penelitian, dr. Erika Kennington, menyebutkan jika ada sekitar 5,4 juta orang di Inggris yang menderita penyakit pernafasan ini. Dari data penelitian, diketahui bahwa ada orang yang terkena serangan asma sekali dalam sepuluh detik di Inggris dimana aka nada 185 orang yang dirawat di rumah sakit da nada 3 orang yang harus meregang nyawa karenanya. Beruntung, dengan konsumsi suplemen vitamin D, ada kemungkinan penderita asma akan lebih baik dalam mengurangi gejala asma yang sangat mematikan dan menyebalkan ini.

Memang, tidak semua jenis asma bisa diatasi oleh suplemen ini. Namun, hasil penelitian ini memang harus diperdalam lebih lanjut agar pengobatan pada penyakit bisa semakin baik. Yang menarik adalah, meskipun bisa membuat penyakit asma membaik, para pakar kesehatan masih belum benar-benar mengerti mengapa suplemen vitamin D ini bisa menurunan resiko terkena serangan asma dengan sangat efektif.

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology menyebutkan jika vitamin D akan secara efektif menurunkan jumlah molekul IL-17A, molekul yang membuat peran sistem imunitas tubuh pada penderita asma berbeda dari orang normal. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita memang mulai menggunakan obat herbal dari bahan alami untuk menurunkan gejala asma.