Penelitian: Terlalu Sibuk Bekerja, Generasi Milennial Semakin Jarang Berolahraga

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan fakta mengejutkan dimana dua per tiga dari generasi millennial yang merupakan pekerja dengan usia muda di Asia cenderung sulit untuk menyempatkan waktu setidaknya 30 menit di tempat kerja untuk berdiri, melakukan peregangan, hingga berjalan kaki. Kebanyakan dari responden mengaku jika kesibukan dan tekanan pekerjaan yang tinggi membuat mereka sulit untuk melakukan olahraga. Hal ini tentu membuat mereka sulit untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Pakar kesehatan dari salah satu produsen suplemen kesehatan ternama di dunia bernama Andam Dewi menyebutkan jika 9 dari 10 generasi millennial bisa menghabiskan waktu untuk bekerja dengan posisi duduk selama 6 hingga 13 jam lamanya setiap hari. Kesibukan inilah yang membuat mereka semakin jarang melakukan aktifitas fisik.

Data dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia menunjukkan jika 35 persen dari penduduk Indonesia pada tahun 2015 kemarin adalah yang berusia 15 dan 34 tahun dan kebanyakan dari mereka adalah pekerja yang produktif. Sayangnya, sebagian besar dari mereka semakin sulit mendapatkan waktu untuk berolahraga, khususnya di tempat kerja. Padahal, dengan menyempatkan diri melakukan aktivitas fisik saat bekerja meskipun sebentar, kita bisa menjaga tubuh tetap bugar dan mencegah munculnya beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, diabetes, hingga gangguan pada organ ginjal.

Selain semakin sulitnya melakukan aktivitas fisik, pekerja dari generasi muda juga cenderung semakin sulit menerapkan pola makan yang sehat. Begitu sibuknya mereka sehingga mereka lebih suka memakan apa yang tersedia atau memasak makanan yang mudah dan cepat diolah. Padahal, konsumsi makanan yang tidak sehat dengan kadar gizi yang tidak seimbang juga memicu semakin meningkatnya resiko untuk mendapatkan berbagai penyakit berbahaya.