Penelitian: Terlalu Sering Keramas Bisa Memicu Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Jarang mencuci rambut tentu akan membuat rambut kita lebih kotor, terasa gatal, dan lebih berbau. Namun, jika kita terlalu sering mencucinya, kita justru bisa mendapatkan dampak yang jauh lebih berbahaya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Genetic Sciente Center dari University of Utah, terlalu sering mencuci rambut akan merusak mikrobioma manusia. Mikrobioma sendiri adalah sekumpulan bakteri, virus, dan berbagai mikroba yang memang hidup pada tubuh kita dan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Jika ekosistem dari mikrobioma ini terganggu, maka kita justru akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, gangguan sistem imun, dan juga masalah pencernaan.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika terlalu sering berkeramas dengan shampoo memang bisa memberikan efek buruk bagi ekosistem para mikrobioma ini pada tubuh. Selain itu, pemakaian shampoo secara berlebihan juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan rambut baik itu berupa rambut yang lebih kering, lebih kusam, dan juga lebih rapuh.

Jika kita kerap menggunakan shampoo, apalagi jika tidak dilakukan secara merata, maka berbagai masalah kesehatan bisa muncul pada kulit kepala hingga ujung rambut. Bahkan, penelitian ini menunjukkan fakta mengejutkan dimana penggunaan shampoo secara berlebihan justru bisa mengembangkan berbagai macam bakteri tidak sehat yang jika bercampur dengan keringat saat kita beraktifitas, justru akan memicu gatal-gatal, rasa nyeri, dan juga peradangan.

Debra Jaliman, seorang dermatolog dari New York, Amerika Serikat, menyarankan kita untuk menggunakan shampoo yang tidak memiliki derajat keasaman (ph) saat berkeramas. Jika kita cenderung memiliki kulit kepala yang sensitif dan sangat membutuhkan pencucian rambut setiap hari, beliau menyarankan kita untuk menggunakan shampoo bayi yang cenderung lembut. Jika kita ingin membersihkan dan memperkuat kulit kepala, beliau menyarankan kita menggunakan shampoo yang kaya akan gliserin dan ekstrak alpukat.