Penelitian Terbaru: Teh Hijau Memang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Teh hijau atau green tea termasuk dalam minuman yang disukai hampir semua orang di dunia. Bagaimana tidak, teh yang bisa dikonsumsi dalam bentuk hangat maupun dingin ini menawarkan rasa yang sangat nikmat dan bahkan bisa membuat pikiran kita lebih tenang. Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan di Sendai, Jepang, menyebutkan jika teh hijau memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan alami di dalamnya diyakini mampu membuat tubuh kita terbebas dari berbagai macam bakteri dan virus berbahaya yang bisa memicu penyakit kronis layaknya kanker, stroke, jantung, osteoporosis, atau bahkan masalah preiodontal.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Penelitian pertama yang dilakukan di timur laut Jepang pada tahun 1994 ini melibatkan lebih dari 40 ribu masyarakat dengan rentang usia bervariasi dari 40 hingga 79 tahun. Para partisipan ini diketahui mengkonsumsi setidaknya tiga cangkir teh hijau secara rutin setiap hari. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi teh hijau hingga lima cangkir per hari cenderung lebih baik dalam menjaga tubuh mereka terbebas dari penyakit berbahaya dan menurunkan resiko kematian, khususnya yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain yang dilakukan di Tohoku University of Public School mengambil tempat di Sendai, Jepang, pada tahun 2006 dimana pada penelitian ini, konsumsi teh hijau hanya dikaitkan dengan penurunan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Hasilnya adalah, memang kandungan teh hijau sangatlah baik dalam membuat organ kardiovaskular manusia tetap terjaga kesehatannya sehingga tidak mudah terkena penyakit berbahaya.

Kandungan alami dari teh hijau juga akan sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan mengingat teh ini mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan signifkkan. Hal ini berarti, kita bisa membakar lemak dengan lebih baik dan tubuh pun tetap mendapatkan pasokan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas sehari-hari.

Baca Juga:  Lebih Baik Toilet Duduk Atau Toilet Jongkok?

Dengan adanya fakta-fakta kesehatan ini, sudahkah anda mengkonsumsi teh hijau hari ini?