Penelitian Terbaru: Radiasi Ponsel Ternyata Tidak Menyebabkan Kanker Otak

DokterSehat.Com – Penggunaan smartphone secara masif belakangan ini membuat banyak sekali dampak kesehatan negatif yang dirasakan oleh banyak orang. Sebagai contoh, kini banyak sekali orang yang mengalami penyakit nomophobia atau bahkan penyakit saraf pada tangannya yang diakibatkan terlalu seringnya penggunaan handphone sehari-hari. Selain itu, banyak orang yang mengkhawatirkan adanya dampak negatif yang bisa didapatkan dari radiasi ponsel yang tentu dengan mudah mencapai tubuh kita mengingat ponsel hampir selalu berada dekat dengan tubuh kita. Namun, tahukah anda, sebuah penelitian terbaru justru memberikan hasil yang cukup melegakan bagi mereka yang cenderung tidak bisa lepas dari ponselnya. Radiasi ponsel ternyata tidak menyebabkan kanker otak!

ktersehat-gangguan-pendengaran

Sebuah penelitian dengan skala yang cukup besar dilakukan di Australia dengan rentang waktu dari tahun 1982 dan 2012. Setidaknya ada 20 ribu partisipan kaum pria dan 15 ribu partisipan wanita yang dikumpulan data penggunaan ponselnya semenjak ponsel mulai banyak digunakan pada tahun 1987. Dari rentang penelitian skeitar 20 tahun ini, diketahui bahwa kenaikan penggunaan ponsel terlihat sangatlah cepat namun, kecenderungan munculnya kasus kanker otak justru tidak mengikuti pesatnya kenaikan penggunaan ponsel. Bagi kaum pria, memang ada sedikit kenaikan kasus kanker otak, namun, bagi kaum pria, angka ini cenderung masih dalam tahap yang stabil.

Alih-alih menyalahkan radiasi ponsel, penelitian ini justru menunjukkan fakta dimana semakin banyaknya kasus kanker otak semenjak tahun 1970 an justru disebabkan karena semakin majunya perkembangan dunia kedokteran yang semakin baik mendiagnosa munculnya tumor atau kanker otak dengan lebih tepat. Singkatnya, jika pada jaman dahulu kasus kanker otak dianggap sangat sedikit, hal ini justru karena disebabkan oleh minimnya diagnosa yang tepat dan menunjukkan adanya penyakit ini.

Baca Juga:  Waspada Bronkopneumonia pada Anak!

Pakar kesehatan dr. Rafi Nagler bahkan menyebutkan jika tidak ada kaitan yang kuat antara radiasi ponsel dan juga kanker dan menurut beliau, masyarakat justru harus lebih mewaspadai semakin meningkatnya radikal bebas yang tersebar di berbagai tempat yang tentu memicu kenaikan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya.