Penelitian Terbaru: 34 Tahun Adalah Usia Ideal Bagi Wanita Untuk Hamil

DokterSehat.Com – Selama ini kita menganggap usia paling ideal untuk hamil adalah di sekitar usia 20an. Jika seorang wanita baru bisa mendapatkan kehamilan pada saat usianya sudah melebihi 30 tahun, maka kehamilan ini dianggap beresiko baik itu bagi kesehatan ibu ataupun bagi janin di dalam kandungan. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menyebutkan bahwa usia ideal bagi wanita untuk hamil justru adalah saat mencapai 34 tahun. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-keluarga-hamil-kehamilan

Sosiolog dari University of Texas, Amerika Serikat, bernama dr. John Mirowsky melakukan penelitian yang menghasilkan fakta tersebut. Dalam penelitiannya yang berjudul Parenthood and Health: The Pivotal and Optimal Age at First Birth, disebutkan bahwa usia 34 hingga 35 adalah usia ideal bagi wanita untuk hamil. Saat usia wanita mencapai 34 tahun, tubuhnya berada dalam kondisi yang optimal sehingga sangat siap untuk hami. Saat usia wanita masih berusia 20an, tubuhnya masih dianggap belum siap sehingga memiliki resiko untuk terkena beberapa masalah kesehatan saat hamil.

Apa yang dikemukakan oleh Mirowsky tentu saja memicu kontroversi banyak pihak yang selama ini menganggap hamil di usia 30an memiliki cukup banyak resiko kesehatan. Yang menarik adalah, Mirowsky sendiri menyebutkan bahwa usia ideal yang Ia rekomendasikan ternyata juga tidak lepas dari berbagai resiko kesehatan saat hamil. Namun, menurut beliau, saat usia itulah, hubungan wanita dengan pasangan cenderung sangat kuat sehingga dianggap lebih memiliki energi dan vitalitas yang prima sehingga secara fisik dan mental sangat siap untuk hamil sekaligus membesarkan anak.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun kita bisa mendapatkan kehamilan di usia ideal pun, ada baiknya kita tetap memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil mengingat setiap wanita memiliki kondisi kesehatan dan kesiapan mental dan fisik yang berbeda-bead dalam menghadapi kehamilan ini.